Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mesin Almaz Hybrid dan Yaris Cross Hybrid, Mana Lebih Unggul

Kompas.com - 18/08/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil hybrid sedang banyak dicari masyarakat karena lebih cocok digunakan pada masa transisi elektrifikasi. Beberapa model sudah meluncur dan dipasarkan secara resmi.

Sebagai bahan pertimbangan, konsumen perlu membandingkan spesifikasi beberapa merek mobil. Untuk mobil hybrid dengan banderol Rp 400 jutaan ada Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Yaris Cross Hybrid.

Wuling Almaz Hybrid dibanderol Rp 472 juta OTR Jakarta, sementara Toyota Yaris Cross Hybrid dibanderol Rp 440,6 juta OTR Jakarta. Seperti apa perbandingan spesifikasi mesin dan tenaganya, simak berikut ini!

Baca juga: Adu Fitur Almaz Hybrid dan Yaris Cross Hybrid, Siapa Lebih Lengkap?

Toyota Yaris Cross HybridKompas.com Toyota Yaris Cross Hybrid

Spesifikasi mesin

Toyota Yaris Cross hybrid dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder, segaris 16-valves DOHC Dual VVT-i, sanggup menghasilkan tenaga 110 Tk dengan torsi maksimal 121 Nm pada 4.000 Rpm. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 79 Tk dan torsi sampai 141 Nm.

Sementara Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin lebih besar 2.000 cc 4 silinder, segaris 16-valves DOHC, Atkinson Cycle yang memiliki prinsip kerja sama dengan VVT-i, sanggup menghasilkan tenaga 123 Tk pada 5.600 Rpm dan torsi 168 Nm pada 4.000 - 4.400 Rpm. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 174 Tk dan torsi 320 Nm.

Baca juga: Intip Proses Produksi Toyota Yaris Cross Hybrid di Pabrik TMMIN

Wuling New Almaz RSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Wuling New Almaz RS

Jika dibandingkan dari segi tenaga mesin konvensional dan motor listriknya Wuling Almaz lebih unggul. Selisih cukup banyak menegaskan bahwa selisih harga memang menentukan spesifikasi dapur pacu pada masing-masing produk.

Efisiensi BBM

Toyota Yaris Cross Hybrid menggunakan transmisi CVT sehingga diharapkan mampu menghasilkan efisiensi yang tinggi. Toyota mengklaim tingkat konsumsi BBM-nya bisa tembus 30 Kpl. Sementara tim redaksi Kompas.com telah mencobanya dengan ragam model berkendara untuk berpetualang dari Surabaya ke Malang angkanya 15,5 Kpl.

Baca juga: Menengok Wuling New Almaz RS yang Tampil Perdana di GIIAS 2023

Toyota Yaris Cross Hybrid saat diuji melintas di jalan tolKompas.com - Aris Harvenda Toyota Yaris Cross Hybrid saat diuji melintas di jalan tol

Sementara Wuling Almaz Hybrid dibekali transmisi khusus mobil hybrid yakni dedicated hybrid transmission (DHT) sehingga konsumsi BBM-nya diklaim tembus sampai 19 Kpl. Sementara tim redaksi Kompas.com telah mencobanya untuk pemakaian dalam kota dengan jarak 60 Km dengan kecepatan rata-rata 33 Kpj menghasilkan efisiensi konsumsi BBM mencapai 14,9 Kpl.

Meski terpaut kapasitas mesin yang cukup besar, Wuling Almaz Hybrid mampu mengimbangi konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid untuk pemakaian wajar.

Nah, itu tadi sekilas perbandingan spesifikasi mesin dan performa dari Toyota Yaris Cross Hybrid dan Wuling Almaz Hybrid. Dengan demikian, ulasan tersebut bisa menjadi bahan referensi bagi konsumen yang ingin membeli mobil hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com