Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik MG di Indonesia Berbagi Fasilitas dengan Wuling?

Kompas.com - 18/08/2023, 06:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Morris Garages (MG), mengumumkan bakal membuka pabrik di Indonesia. Fasilitas itu akan berada di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi sekitar 100.000 unit per tahun.

Tak hanya akan membangun mobil berbahan bakar minyak, pabrik di Indonesia tersebut juga akan memproduksi mobil listrik, dan mulai beroperasi pada awal tahun depan yaitu pada kuartal 1 2024.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Pengisian Daya Mobil Listrik di Auto2000

Ditengarai pabrik MG tersebut akan berbagi fasilitas dengan Wuling Motors di Greenland International Industrial Center di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, karena sama-sama satu merek di bawah payung SAIC.

MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.Dok. MG Motor Indonesia MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, memang tidak menyebut secara jelas lokasi pabrik MG, namun mengisyaratkan bahwa pabrik MG bakal berbagi dengan fasilitas milik Wuling.

"MG merupakan merek yang berasal dari Inggris, tapi pada 2006 dimiliki oleh SAIC Motor dan SAIC fasilitas punya beberapa pabrik di Asia Tenggara, di Thailand dan Indonesia," kata Arief yang ditemui belum lama ini, di Tangerang.

Baca juga: Sepekan Meluncur, Pemesanan All New Honda CR-V Tembus 840 Unit

"Saat ini SAIC Indonesia itu baru digunakan oleh salah satu merek yang dimiliki oleh SAIC, saya tidak perlu mention tapi saya yakin (Anda) sudah tahu. Jadi tempatnya di mana ya kami akan melelakukan suatu produksi base on SAIC facility yaitu di Cikarang," ujar dia.

MG Motor Indonesia berkolaborasi dengan Abenk Alter dan MuklayKompas.com/Donny MG Motor Indonesia berkolaborasi dengan Abenk Alter dan Muklay

Untuk diketahui, Wuling Motor atau PT SGMW Motor Indonesia, juga disebut SAIC General Motors Wuling Motor Indonesia adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW).

Adapun SGMW merupakan perusahaan patungan antara SAIC Motor, General Motors dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd untuk menangani operasi di Indonesia.

Baca juga: Ini 4 Jenis Pelumas yang Wajib Dibawa Saat Touring Naik Motor

"Jadi hal itulah yang membuat MG gerak cepat sehingga hal-hal yang terkait dengan teknologi pemenuhan di jalur produksi saat ini sedang di persiapkan, tidak butuh lama karena semua hal yang dimiliki fasilitas SAIC sudah sangat mumpuni," ujar Arief.

Pabrik Wuling Motor Indonesia yang berlokasi di Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.Wuling Motor Indonesia Pabrik Wuling Motor Indonesia yang berlokasi di Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi hal itu yang juga membuat kami sangat semangat," ujar Arief.

Arief mengatakan, MG tumbuh dengan pesat di bawah kepemimpinan SAIC. Dari merek kecil yang hanya terkenal di Eropa kini sudah hadir hampir di 100 negara.

"Sedikit kilas balik pada 2006 saat dimiliki SAIC Group, di mana sebelumnya MG ialah merek yang niche dengan produksi terbatas di Eropa, sekarang sudah ada di 84 negara, total penjualan MG tahun lalu sudah lebih dari dua juta unit gabungan antara mobil ICE dan listrik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com