Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Mobil Listrik di GIIAS 2023 Tembus Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 17/08/2023, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sejumlah penawaran menarik turut dihadirkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Salah satu yang jadi daya tarik ke pengunjung ialah potongan harga alias diskon.

Pemberian diskon ini tidak sebatas pada kendaraan dengan pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine (ICE) saja, tapi juga mencangup mobil rendah emisi berbasis baterai. Jadi pengunjung yang mau berkontribusi mengurangi emisi melalui penggunaan kendaraan listrik bisa lebih mudah.

Dihimpun redaksi Kompas.com, setidaknya ada 5 pabrikan otomotif yang memberikan diskon terhadap produk kendaraan listriknya. Bahkan, ada yang sampai ratusan juta khusus ketika pameran berlangsung.

Baca juga: Ini 5 Mobil Termurah di GIIAS 2023, Harga mulai Rp 130 Jutaan

MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.Dok. MG Motor Indonesia MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.

Pertama, diskon diberikan untuk Wuling Air ev sebagai salah satu mobil listrik termurah yang ditawarkan ke pasar nasional. Dengan diberikan insentif PPN 10 persen dari pemerintah, kini total potongan harga yang diberikan mencapai Rp 30 juta.

"Ini untuk varian standard dan long-range. Kira-kira Rp 25 sampai Rp 30 juta. Kalau untuk Lite (varian terbaru), belum," kata tenaga penjual Wuling kepada Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Kemudian, diskon lebih fantastis diberikan Morris Garages (MG) untuk model 4 EV sebesar Rp 70 juta. Potongan harga ini disebut perusahaan dengan istilah special cashback.

Dengan itu, maka harga jual MG 4 EV jadi sekitar Rp 580 juta selama perhelatan GIIAS 2023 hingga 20 Agustus 2023 mendatang.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Termahal di GIIAS 2023, Tembus Rp 3,9 Miliar

Nissan Leaf GIIAS 2022NMDI Nissan Leaf GIIAS 2022

Tidak mau kalah, Nissan Leaf juga menawarkan program serupa dengan potongan hingga Rp 87 jutaan untuk semua varian. Sehingga banderol untuk Leaf One Tone jadi Rp 641 jutaan dan Rp 643 juta pada varian Two Tone-nya.

"Kita ada program khusus di GIIAS 2023 yaitu potongan Rp 67 juta dengan wall charger. Kalau tanpa wall charger, diskonnya sebesar Rp 87 juta," kata tenaga penjual Nissan.

Besaran serupa ditawarkan untuk pengunjung yang hendak membeli mobil listrik Mercedes-Benz yaitu EQA 250, EQB 250, EQE 350+, dan EQS 450+. Kendati tiap varian besaran diskon berbeda, rata-rata berkisar di antara Rp 70 jutaan.

Baca juga: Perbandingan Tenaga dan Daya Jelajah Wuling Air Ev Vs Seres E1

Mini ElectricKompas.com/Donny Mini Electric

Adapun diskon mobil listrik terbesar selama GIIAS 2023 diberikan BMW dan MINI lewat produk iX dan Mini Electric. Lebih rinci, iX yang dibanderol 2,39 miliar diskonnya sekitar Rp 115 jutaan yang dinamakan BMW sebagai cash back 5 persen.

"Mini Electric diskonnya Rp 119 juta dari harga awal Rp 1,05 miliar)," kata tenga penjual MINI.

Untuk beberapa mobil listrik lainya seperti Hyundai Ioniq 5, Toyota bZ4X, Kia EV6, dan Wuling Air ev Lite tidak diberikan diskon. Sebagai gantinya, konsumen bakal ditawarkan beragam program menarik seperti gratis kaca film dan lucky dip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com