Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ahok Sebut Mobil Hybrid Ada demi Hindari PHK Massal | Kualitas Udara Memburuk, Jokowi Perintahkan Percepatan Euro 5

Kompas.com - 17/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dikenal Ahok menyatakan bahwa perkembangan industri roda empat jangan sampai terpengaruh arus politik.

Sebab, pada dasarnya, pergerakan sektor tersebut sesuai pasar yang kemudian diikuti atau didukung oleh perkembangan teknologi. Dengan begitu, Indonesia tak tertinggal dari negara lain.

Demikian dikatakan Ahok dengan mengutip salah satu pernyataan Organisasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional (OICA) di acara Gaikindo International Automotive Conference yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Selasa (15/8/2023).

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada jajaran menteri untuk segera menerapkan batas emisi kendaraan Euro 5 dan Euro 6 di Indonesia, khususnya untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Upaya tersebut untuk mengurangi tingkat emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor karena beberapa waktu terakhir kualitas udara di Jabodetabek sudah sampai pada level mengkhawatirkan, yaitu 156.

Baca juga: Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 16 Agustus 2023:

1. Ahok Sebut Mobil Hybrid Ada demi Hindari PHK Massal

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.

"Saya suka kutipan dari OICA, yang menyebut jangan biarkan politik yang menentukan masa depan mobil (industri). Ini yang bicara mesti pasar, tren dunia mau ke mana dan kita dari Pertamina harus mendukung infrastruktur," katanya.

Dalam konteks ini, lebih lanjut, Ahok menyebut bahwa kendaraan bermotor yang bisa mengurangi emisi jangan hanya dilihat pada teknologi elektrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV).

Baca juga: Ahok Sebut Mobil Hybrid Ada demi Hindari PHK Massal

2. Kualitas Udara Memburuk, Jokowi Perintahkan Percepatan Euro 5

Presiden Joko Widodo saat memimpin  rapat terbatas (ratas) yang membahas polusi udara Jabodetabek di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/8/2023).Dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas polusi udara Jabodetabek di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/8/2023).

"Selama satu pekan terakhir, kualitas udara di Jabodetabek sangat-sangat buruk dan angka di Agustus 2023 kemarin, indeks kualitas udara di DKI Jakarta sudah berada di angka 156 dengan keterangan tak sehat," kata Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Kualitas Udara Memburuk, Jokowi Perintahkan Percepatan Euro 5

3. Mobil Listrik MG4 EV Diskon Rp 70 Juta di GIIAS 2023

MG Motor Indonesia memberikan promo menarik buat calon konsumen yang tertarik membeli  mobil listrik MG4 EV di GIIAS 2023.KOMPAS.com/Gilang MG Motor Indonesia memberikan promo menarik buat calon konsumen yang tertarik membeli mobil listrik MG4 EV di GIIAS 2023.

Morris Garages (MG) menawarkan mobil listrik MG4 EV dengan harga lebih murah bagi konsumen yang melakukan pembelian di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Ada subsidi PPN hingga 10 persen dari harga yang ditawarkan.

Subsidi tersebut datangnya bukan dari pemerintah. Sebab, MG4 EV saat ini statusnya masih impor alias Completely Built Up (CBU) sehingga tidak berhak menikmati subsidi pajak.

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Diskon Rp 70 Juta di GIIAS 2023

4. Komentar Alva Soal Motor Listrik Honda

Perbandingan motor listrik Alva Cervo dan Honda EM1 e:KOMPAS.com/ADITYO WISNU Perbandingan motor listrik Alva Cervo dan Honda EM1 e:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com