Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ioniq 6 Meluncur dengan Banyak Pembaruan Performa

Kompas.com - 16/08/2023, 19:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi meluncurkan model terbaru electric vehicle (EV) Ioniq, yakni Ioniq 6 dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Ioniq 6 menawarkan kebebasan mobilitas dalam bentuk electrified streamliner dengan fitur ramah lingkungan dan teknologi canggih.

Peluncuran Ioniq 6 semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air, khususnya dengan lini kendaraan listrik yang semakin lengkap bersama Ioniq 5.

Baca juga: Merasakan Torsi Buas Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023

Hyundai Ioniq 6KOMPAS.com / Rully Hyundai Ioniq 6

Woo June Cha, President Director of HMID, mengatakan Progress for Humanity sebagai visi besar perusahaan merupakan dasar dari setiap inovasi yang Hyundai hadirkan untuk mobilitas masa depan yang berkelanjutan.

“Hadirnya Ioniq 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Melalui pengenalan model baru ini, konsumen Indonesia memiliki lebih banyak opsi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.” ucap Woo June.

Pengembangan arsitektur E-GMP pada Ioniq 6 menawarkan peningkatan signifikan terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan, baik dari segi performa maupun jarak tempuh.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Ioniq 6, Baterai Penuh Bisa Tembus Jakarta-Solo

Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023

Berbekal baterai 77,4 KWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 KW atau 320,5 Tk dan torsi sebesar 605 Nm.

Tenaga maksimal pun memungkinkan Ioniq 6 mampu melaju dari 0–100 Kpj hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 Kpj.

Performa terdepan didukung dengan konsumsi daya yang efisien untuk jarak tempuh yang panjang. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 bisa menempuh hingga 519 Km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 KWh per 100 Km.

Baca juga: Alasan Hyundai Indonesia Belum Merakit Lokal Ioniq 6

Ioniq 6 jadi pilihan baru pecinta mobil listrik di IndonesiaIST Ioniq 6 jadi pilihan baru pecinta mobil listrik di Indonesia

Dengan begitu,Ioniq 6 menjadi salah satu BEV paling efisien daya saat ini. Berdasarkan pengukuran tersebut, Ioniq 6 dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, dalam satu kali pengisian daya baterai. Pengguna pun bisa menikmati pengalaman berkendara yang worry-free dengan Ioniq 6, bahkan untuk perjalanan jarak jauh.

Peningkatan platform E-GMP juga memungkinkan pengisian daya yang lebih optimal. Ioniq 6 telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800 V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 KW.

Adapun pengguna bisa menikmati pengisian super cepat ini di Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta. Ioniq 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50 KW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%) dan AC standard charging dengan daya 7 KW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0%–100%).

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Bisa Buka Segmen Baru di Indonesia

Sama halnya dengan Ioniq 5, Ioniq 6 juga menawarkan teknologi Vehicle-to-Load (V2L). Menawarkan kapasitas hingga 3.600 watt, fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan, jadi pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan.

Selain memiliki power outlet eksternal, Ioniq 6 juga menyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya dengan praktis. Teknologi terdepan juga disematkan pada sistem infotainment kendaraan.

Nah, itu tadi sedikit ulasan spesifikasi performa Hyundai Ioniq 6 setelah resmi diluncurkan. Untuk lebih detailnya, konsumen bisa melakukan test drive selama GIIAS 2023 berlangsung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com