Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Starbus Luncurkan Bus Pariwisata Baru di GIIAS 2023

Kompas.com - 16/08/2023, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com -Perusahaan Otobus (PO) Starbus baru saja meluncurkan satu unit medium bus baru rakitan Karoseri  Laksana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. 

Bus anyar milik PO Starbus yang masih satu grup dengan PO Sinar Jaya tersebut menggunakan desain kabin supermewah dibalut oleh bodi Tourista SR3.

Tourista SR3 merupakan bodi bus generasi terbaru yang diluncurkan oleh Laksana untuk segmen medium bus. Sementara itu dapur pacu dari bus tersebut ditopang oleh sasis dari Hino GB 150.

Eko Yulianto, Asisten PLH Kabag Marketing PO Sinar Jaya, mengatakan, untuk pembuatan bus tersebut dilakukan sekitar empat bulan. 

"Pengerjaan sekitar empat bulan. Kita mulai masukan sasis itu dari bulan April 2023 ke Laksana," kata Eko kepada Kompas.com di GIIAS 2023, Selasa (16/8/2023).

Baca juga: MG 4 EV Andalkan Teknologi Baterai Canggih, Lebih Tipis dan Efisien

Asisten PLH Kabag Marketing PO Sinar Jaya, Eko YuliantoKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Asisten PLH Kabag Marketing PO Sinar Jaya, Eko Yulianto

Berbeda dengan desain bus keluaranya sebelumnya, kini bagian fasia depan hadir dengan model single glass. 

Eko menyebutkan, desain kabin bus dirancang dengan konsep luxury atau mewah yang nantinya akan digunakan sebagai layanan bus pariwisata.  

Kabin menggunakan balutan wood panel dengan berbagai fitur premium untuk kenyamanan penumpang seperti AC, TV, dispenser air minum dan bagasi kabin dengan penutup. 

Baca juga: MG 4 EV Andalkan Teknologi Baterai Canggih, Lebih Tipis dan Efisien

Pada area tengah, terdapat 10 kursi penumpang yang menggunakan model legrest dengan konfigurasi 2-1. Lalu, pada area paling belakang merupakan mini pantry yang dilengkapi dengan sofa. 

Untuk eksterior bus masih menggunakan DNA dari bus Starbus, yakni menggunakan kelir dasar putih.  Namun belum ada sentuhan logo dan livery khas dari Starbus lantaran masih hadir dalam konsep pameran. 

"Ini masih konsep untuk pameran, nantinya akan ada ubahan lagi untuk livery dan untuk konfigurasi kursi agar benar-benar siap digunakan oleh layanan Starbus," kata Eko. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com