Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat 3 Kei Car yang Pamer Diri di GIIAS 2023

Pabrikan mobil asal Jepang yaitu Honda, Mitsubishi memajang kei car listrik di GIIAS 2023. Meski sekadar eksibisi hadirnya mobil listrik mungil ini merupakan isyarat pabrikan yang mulai serius jajaki segmen elektrifikasi.

Adapun Daihatsu memajang kei car boxy Daihatsu Atrai. Mobil ini sekilas mirip dengan Gran Max karena punya desain bodi mengotak, tetapi dimensinya lebih kecil seperti bonsai.

Honda N-Van EV Prototype

Pada GIIAS 2023, PT Honda Prospect Motor (HPM) memajang Honda N-Van EV Prototype. Mobil ini sebenarnya Honda N-Box, tapi versi listrik.

Kei car Honda N Series ini termasuk salah satu mobil yang populer di pasar domestik Jepang, sejak diperkenalkan pada 2018. Dimensinya ringkas, panjang 3,3 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi hanya 1,95 meter.

Bentuk eksterior mengotak cocok dijadikan sebagai kendaraan niaga, karena bisa memuat banyak barang. Namun tujuan utama mobil ini hanya untuk di perkotaan, bukan untuk berkendara jarak jauh dari kota ke kota.

Mitsubishi Ek X EV

Mitsubishi Ek X EV baru meluncur untuk pasar Jepang. Jika dibandingkan dari segi desain, Ek X EV memang sangat serupa, bahkan bisa dikatakan sebagai Xpander versi ‘mini’.

Fasia Xpander dan Ek X EV yang sangat mirip. Perbedaan segi dimensi di mana Mitsubishi Ek X EV ini ringkas, punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda 2.495 mm.

Catu daya disuplai baterai jenis litium ion berkapasitas 20.000 wH (watt hour) dengan klaim daya jelajah sejauh 180 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Baterai tersebut dikawinkan dengan daya dinamo penggerak sebesar 47.000 watt, namun kecepatannya dibatasi di 80 kpj saja.

Untuk sektor pengisian daya, kei car listrik ini dibekali colokan jenis ChaDeMo yang merupakan standar Jepang, dengan kemampuan pengisian daya cepat, mulai 10 persen hingga penuh dalam 80 menit.

Daihatsu Atrai

Daihatsu Atrai bisa dibilang Atrai adalah penyempurnaan dari Hijet Cargo yang meluncur pada tahun 2020. Desainnya mengotak agar serbaguna dan bisa dipakai buat keperluan bisnis.

MPV boxy ini mengusung mesin 660 cc tiga silinder. Untuk varian berturbo sanggup menyemburkan tenaga sebesar 64 PS atau setara 62 Tk dan torsi 91 Nm.

Versi naturally aspirated dapat menghasilkan tenaga 53 PS atau setara 51 tk dan torsi 60 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD) atau four wheel drive (4WD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/15/174100215/lihat-3-kei-car-yang-pamer-diri-di-giias-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke