Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Arsitek IKN Soal Desain Mobil, yang Utama Kenyamanan

Kompas.com - 13/08/2023, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Mazda mengajak arsitek perancang Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Budi Pradono, untuk berbincang mengenai desain mobil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Budi mengungkapkan bahwa dalam merancang suatu bangunan atau karya arsitektur pada dasarnya sama seperti desain mobil. Hal pertama mesti diperhatikan dalam rancang bangun ialah soal kenyamanan.

Baca juga: Tampilan Mitsubishi XForce Lebih Gagah Pakai Aksesori Resmi

"Membangun bangunan arsitektur yang macam-macam, gila, bahkan aneh itu tidak masalah, tapi yang terpenting soal kenyamanan, tanpa itu ya percuma," katanya di booth Mazda, Sabtu (12/8/2023).

Mazda mengajak arsitek perancang Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Budi Pradono, untuk acara bincang-bincang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. KOMPAS.com/Gilang Mazda mengajak arsitek perancang Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Budi Pradono, untuk acara bincang-bincang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

"Sama dengan desain mobil, bentuknya bisa macam-macam tapi gimana di satu desain itu ketika kita masuk di dalam harus nyaman, sehingga harus memerhatikan soal material, pencahayaan dan lain sebagainya," katanya.

Budi yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun itu mengatakan, konsep arsitektur bisa mencirikan kepribadian dan karakteristik dari penggunanya.

"Penting untuk menghayati siapa yang akan menggunakan rumah itu, makanya kita riset untuk menjadikan sebuah desain arsitektur yang keren dan artistik, jangan lupa perlu juga memperhatikan kenyamanan, itu yang harus kita sejajarkan," kata Budi.

"Dalam konteks mobil Mazda, itu kan kenyaman pada material, lalu pencahayaannya juga baik," kata Budi.

Baca juga: Cicilan Murah Wuling Air ev di GIIAS 2023

Budi mengungkapkan bahwa ada pergeseran tren di mana arsitektur dalam ruangan mulai menerapkan unsur nature atau alam pada berbagai aspeknya.

Mazda Indonesia datang ke Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023 dengan membawa jajaran model penuh.Foto: Mazda Mazda Indonesia datang ke Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023 dengan membawa jajaran model penuh.

"Trennya, di dalam kantor kita mulai menambah material nature karena orang merasa jauh dari nature, dan kita merasa perlu sekali dekat dengan alam," kata Budi.

Pramita Sari, Marketing and Communication General Manager PT EMI, menyangkut tema alam atau nature yang disebut Budi, konsep itu sudah diterapkan di produk desain Mazda, sesuai dengan spirit keseharian contemporary life yang penting untuk mendekatkan diri dengan alam.

"Begitu juga pada desain mobil terbaru, Mazda memadukan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dengan kabin modern serta jahitan Kakenui hingga trim kulit nappa pada interior All-New Mazda CX-60," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com