Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Bodi Bus Baru Avante Grand Captain Karoseri Tentrem

Kompas.com - 13/08/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Tentrem baru saja merilis bus baru menggunakan Avante Grand Captain, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, di ICE BSD City, Tangerang, pada Sabtu (12/8/2023).

Ada dua unit bus yang menggunakan balutan bodi varian terbaru dari Avante series tersebut, yakni Avante H9 Grand Captain dan H8 Grand Captain. Kedua bus baru  telah dibeli oleh perusahaan otobus (PO) Mtrans untuk layanan bus AKAP.

Yohan Wahyudi, Managing Director Karoseri Tentrem, mengatakan, bodi Grand Captain punya konsep mengusung kembali ke best view experience.

Maka dari itu Grand Captain dibuat agar posisi bangku paling depan yang ada di atas sopir itu adalah posisi paling nyaman.

Baca juga: Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy, Perang MPV Pintu Geser

“Sehingga penumpang merasakan seolah-olah seorang kapten dengan daya pandang yang dapat melihat keindahan alam Indonesia,” kata Yohan kepada Kompas.com di booth Karoseri Tentrem yang ada di GIIAS 2023, Sabtu (13/8/2023).

Secara spesifikasi bodi bus Avante Grand Captain punya tampilan yang hampir sama dengan dengan varian sebelumnya. Misalnya, aplikasi double glass dengan kaca jenong di bagian atas.

Bagian kabin bus Avante Grand Captain Karoseri TentremKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bagian kabin bus Avante Grand Captain Karoseri Tentrem

Ubahan paling signifikan justru ada pada bagian interior bus yang lebih modern, unik namun tetap mewah. Terdiri atas 32 kursi penumpang, dengan konfigurasi tiga jenis atau terbagi dalam tiga area kelas.

Pada bagian depan atau di atas kursi sopir terdapat dua kursi penumpang model selonjoran atau sleeper. Keduanya tersebut menawarkan posisi terbaik bagi penumpang agar bisa melihat pemandangan ke luar bus dengan jelas.

Baca juga: Spesifikasi Body Avante D2 Facelift Punya Karoseri Tentrem

Bagian kabin bus Avante Grand Captain Karoseri TentremKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bagian kabin bus Avante Grand Captain Karoseri Tentrem

 

Sementara itu, kursi di area tengah adalah model legrest dengan konfigurasi 2-2. Lalu di area paling belakang ada barisan kursi yang saling berhadapan dimana di tengahnya terdapat meja.Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan toilet yang letaknya berada di dekat pintu belakang.

Uniknya, pada bagian paling depan kabin, tepatnya di belakang kursi sopir terdapat ruangan istirahat kru bus atau yang biasa disebut kandang macan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com