Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Interior Mitsubishi XForce Vs Honda HR-V

Kompas.com - 12/08/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi XForce, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Mobil ini memiliki beberapa keunggulan untuk menjawab persaingan dari beberapa rivalnya, salah satu lawannya adalah Honda HR-V.

Jika disandingkan, kedua sport utility vehicle (SUV) tersebut masih berada dalam kelas yang sama.

Soal harga, merujuk pada situs resmi masing-masing merek, varian tertinggi XForce (Ultimate) dibanderol Rp 419,1 juta. Banderol tersebut bersinggungan langsung dengan Honda HR-V SE CVT yang dijual sedikit lebih murah yakni Rp 416,1 juta.

Baca juga: Peredam Suara Khusus Mobil Listrik Hadir di GIIAS 2023

Dari segi eksterior, kedua mobil ini memiliki konsep yang berbeda. XForce tampil lebih gagah dan sporty, sementara HR-V terlihat lebih elegan dan futuristik.

Lantas, bagaimana dari segi interiornya?

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Pada interior Mitsubishi XForce, hadir dalam dua pilihan warna yakni putih melange - moka, dan hitam. Kabinnya terlihat sporty dan modern. Jok dibungkus kulit dengan material kulit sehingga menciptakan kesan elegan.

XForce memiliki head unit 12.3 inci yang bisa tersambung dengan smartphone dan sudah terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android Auto. Untuk MID dibekali layar 8 inci. Kedua layar ini terhubung layaknya kebanyakan desain mobil jaman sekarang.

Sementara Honda HR-V yang meluncur lebih dulu menyajikan suasana kabin serba gelap pada bagian dasbor. Desainnya secara keseluruhan lebih mengotak.

Aksen chrome berupa garis lurus seolah menyatu dengan yang ada di bagian pintu. Sementara pada bagian jok, HR-V sudah dilapisi kulit yang dikombinasikan dengan material fabric.

Baik Honda Mitsubishi XForce maupun Honda HR-V sudah menggunakan setir dengan desain palang tiga yang dilapisi dengan kulit dan dihiasi audio steering switch. Keduanya juga dibekali dengan bentuk transmisi yang hampir sama, simple namun terlihat sporty.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Kisi-kisi XForce berada di bawah head unit, sementara untuk HR-V berada di sisi kiri dan kanan head unit. Pengaturan AC kedua mobil ini pun berbeda, Mitsubishi XForce, sementara HR-V mengusung mode kenob.

Beralih ke baris kedua, kenyamanan penumpang untuk Mitsubishi XForce maupun Honda HR-V masih cukup mumpuni karena masih terdapat jarak untuk ruang kaki agar lebih santai. Kenyamanan penumpang makin dirasakan lagi berkat headrest yang bisa diatur (adjustable headrest), serta dilengkapi arm rest pada baris kedua.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Alphard Mampu Bikin Penumpang Tambah Betah

Honda HR-V tipe SE sudah dilengkapi dengan sunroof, fitur ini berguna untuk membuat kabin terasa lebih lapang. Selanjutnya sunroof juga bisa dimanfaatkan melihat keindahan alam ketika berkendara, tanpa perlu buka kaca.

Sementara pesaingnya Mitsubishi XForce belum dibekali dengan sunroof maupun moonroof pada kedua variannya.

Secara keseluruhan, Mitsubishi XForce memiliki tampilan yang lebih premium dan elegan, sementara HR-V terlihat sporty namun tetap berkelas. Untuk hal ini, kembali lagi pada selera masing-masing konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com