Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Perbedaan Stargazer X dengan Stargazer Biasa

Kompas.com - 12/08/2023, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Belum lama diluncurkan di Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan sentuhan crossover pada model mobil keluarga 7-penumpang andalan, jadi Stargazer X.

Melebarkan segmen masuk ke kelas LSUV, Hyundai Stargazer X ini diyakini mampu memberikan pilihan baru ke pasar otomotif nasional. Dengan sejumlah penyesuaian, mobil dibanderol mulai Rp 325.600.000 on the road DKI Jakarta.

"Sebenarnya model ini tidak direncanakan dari awal. Tetapi ketika Stargazer launching, animo masyarakat tinggi. Kondisi tersebut kemudian ditangkap oleh tim research," kata Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto di ICE BSD, Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Jadi Mobil Resmi KTT ASEAN dan AIS Forum 2023

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

"Lantas, muncul lah inisiatif untuk membuat produk seperti Stargazer X ini," tambahnya.

Kendati memiliki tampilan yang tangguh dan dinamis, Frans memastikan bahwa produk SUV tersebut masih menyajikan kenyamanan sebagaimana DNA dari kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Sehingga secara spesifikasi, perubahannya tidak banyak. Secara umum, hanya ada di tampilan eksterior dan interior, dimensi, serta beberapa komponen kaki-kaki saja. Sisa-nya seperti mesin dan fitur, tidak banyak disesuaikan.

Secara dimensi, Stargazer X memiliki perubahan, di mana lebih besar baik dari panjang (+36 mm), lebar (+35 mm), sampai tinggi (+15 mm) dan ground clearance-nya (+5 mm) dari Stargazer biasa. Namun wheelbase mobil tetap.

Baca juga: Harga Motor Listrik Honda Lebih Mahal dari yang Pernah Disampaikan ke Jokowi

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

Sehingga secara rinci Stargazer X punya panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.710 mm. Sementara ground clearance mobil menjadi 200 mm.

Pada bagian eksteriornya, mobil jadi lebih stylish dan sporty berkat penambahan aksesori khusus di bagian kap mesin, rear guard, hingga bumper depan dan belakang.

Kemudian peleknya juga punya desain khusus yang dinamakan Diamond Cut Alloy 17 inci, dipadukan ban profil 205/50 R17.

Pada bagian interior, disematkan panel high glossy untuk kendali heater, audio, dan C/fascia. Kesan mewah juga terlihat dengan hadirnya lampu iluminasi yang menerangi cup holder dan pintu bagian depan kanan dan kiri.

Baca juga: Sejarah Neta, Startup Mobil Listrik Nomor 1 di China

Pengalaman berkendara semakin menyenangkan berkat hadirnya BOSE Premium sound system 8 speaker untuk output kualitas suara yang lebih jernih.

Menggunakan mesin Smartstream G1.5L seperti Stargazer, mobil mampu menghasilkan daya maksimum 113,4 Tk dan torsi puncak 143,8 Nm. Daya tersebut disalurkan ke dua roda depan mobil melalui transmisi berteknologi Intelligent Variable Transmission (iVT)

"Mesin kita tidak berubah, menggunakan mesin yang terbaik di kelasnya. Kemudian soal ban, kaki-kaki, dan segala macam memang tidak banyak dirubah karena kita ingin tetap mempertahankan kenyamanan dari Stargazer sebagai MPV," kata pria yang akrab di sapa Soerjo itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com