Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MOTORSPORT

MOTORSPORT

Jadi Saksi Peluncuran All New Alphard di GIIAS 2023, Lebih Canggih dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 11/08/2023, 22:02 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan lini anyar All New Alphard pada ajang “GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023” di ICE BSD City, Tangerang, Banten. Pameran ini berlangsung sejak Jumat (10/8/2023) hingga Minggu (20/8/2023).

Lewat produk anyar tersebut, Toyota memberikan pengalaman berkendara yang mumpuni bagi pencinta otomotif di Tanah Air. All New Alphard pun hadir dengan sentuhan teknologi modern yang lebih canggih dan ramah lingkungan.

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara high quality setara premium luxury sedan. Bahkan, melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh multi-purpose vehicle (MPV) mewah.

Tak sekadar mengedepankan aspek kenyamanan, premium luxury  MPV satu ini diklaim mampu memberikan peace of mind kepada pengguna.

Guna mewujudkan carbon-neutral mobility, All New Alphard mengadopsi opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan rendah emisi. 

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda mengatakan, Toyota Alphard hingga saat ini berhasil mempertahankan predikat sebagai pemimpin pasar di kelasnya sejak hadir perdana pada 2008.

Baca juga: Toyota Alphard Generasi Baru Resmi Meluncur, Harga mulai Rp 1,3 Miliar

Berbekal pengalaman melayani pelanggan selama 15 tahun, lanjut Hiroyuki, premium luxury MPV itu terus mengedepankan continuous improvement. Tak heran, Alphard hingga saat ini tetap dicintai penggemar otomotif di Tanah Air.

“All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih canggih serta menawarkan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil. Kendaraan ini terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan serta lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” ujar Hiroyuki dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Desain atraktif konsep hospitality

Pada kesempatan sama, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air, yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk ukuran big MPV.

Meski mengusung desain kotak, lanjut Henry, tToyota Alphard tidak kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya.

“Mengusung tema desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan postur yang tangguh dan solid, model ini menciptakan kesan bertenaga seolah-olah mobil melaju ke depan yang ikut dipertegas pada bagian depan bergaya reverse slant face berpenampilan agresif,” kata Henry.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Alphard Generasi Terbaru, Ada Varian Hybrid

Membentang dari depan ke belakang, lanjut Henry, sisi samping bodi mobil menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan All New Alphard.

Tak hanya itum dimensi premium luxury MPV satu itu juga berubah. Adapun panjangnya mencapai 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

“Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih spacious (lapang),” terang Henry.

Dari segi jarak sandaran, lanjut Henry, seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang. Dengan begitu, jarak sandaran bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm.

Selain itu, imbuhnya, bangku sisi tengah dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk sebuah big MPV. Meski mengusung desain kotak, tidak membuat Toyota Alphard kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya. 
Dok. Toyota Astra Motor salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk sebuah big MPV. Meski mengusung desain kotak, tidak membuat Toyota Alphard kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya.

Baca juga: Sinyal Toyota Alphard Meluncur di GIIAS, Pakai Modellista

Konsep hospitality pun terlihat dari sejumlah sentuhan yang memberikan pengalaman berkesan, mulai dari masuk-keluar kendaraan hingga dalam perjalanan sendiri.

“Toyota berkomitmen mengembangkan berbagai fitur yang menghadirkan keramahan dan kenyamanan, seperti universal steps pada kedua pintu geser kanan dan kiri yang memudahkan akses anak kecil dan orang tua,” terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com