Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Generasi Baru Mitsubishi Triton ke Indonesia

Kompas.com - 12/08/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Generasi baru Mitsubishi Triton belum lama ini resmi meluncur di Thailand. Mobil kabin ganda dari Mitsubishi ini mendapat pembaruan dari sisi eksterior, interior, hingga dapur pacu.

Triton terbaru mengusung konsep desain yang lebih modern dan gagah. Versi produksinya tidak jauh berbeda dengan XRT Concept yang sudah opamerkan sebelumnya dalam ajang Bangkok International Motor Show pada Maret 2023 lalu.

Lantas, kapan generasi baru Triton ini bakal segera masuk ke pasar Indonesia?

Baca juga: Jadi Saksi Peluncuran All New Alphard di GIIAS 2023, Lebih Canggih dan Ramah Lingkungan

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengungkap, sudah merencanakan Mitsubishi membawa Triton generasi baru ke Indonesia.

“Memang sekitar dua minggu lalu diluncurkan Triton baru di Thailand. Indonesia memang memiliki rencana mengganti Triton saat ini generasi baru, tapi kami belum tahu kapan, karena kami percaya diri dengan Triton yang ada saat ini,” ucap Kurita, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Kurita melanjutkan, ada faktor yang menjadi pertimbangan membawa Triton generasi baru ke Indonesia adalah terkait kebutuhan pasar di setiap negara yang berbeda.

Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 mengandalkan Triton generasi terbaruDok. Mitsubishi Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 mengandalkan Triton generasi terbaru

“Penggunaan pikap truk di setiap negara berbeda-beda, kalo di Thailand tidak cuma digunakan untuk pekerja berat tapi juga untuk passanger car. Sedangkan di Indonesia kebanyakan untuk pekerjaan,” kata Kurita.

Sebagai informasi, Triton generasi baru mengusung konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Grill desain dengan bentuk persegi panjang dan terdapat tiga lubang yang bertumpuk secara horizontal. Pada sisi kanan dan kiri terdapat lampu utama.

Lampu utamanya mirip dengan milik Xpander terbaru. Tepat di atas lampu utama, terdapat DRL yang membuat tampilan Triton jadi terkesan agresif. Lampu belakangnya berbentuk T dan ditempatkan di kedua sisi pintu belakang.

Selain itu, sasis yang digunakan juga baru. Mega Frame yang digunakan pada All-New Triton diklaim lebih besar dimensinya dibandingkan dengan model sebelumnya.

Baca juga: Populasi Daihatsu Xenia Sudah Tembus 700.000 Unit di Indonesia

Generasi terbaru pikap kabin ganda Mitsubishi TritonDok. Mitsubishi Generasi terbaru pikap kabin ganda Mitsubishi Triton

Pada bagian dapur pacu, Triton sekarang mengandalkan mesin diesel 4N16 2.4 L, Hyper Power Turbo, dengan teknologi CGT. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 201 Tk pada 3.500 rpm dan torsi 470 Nm pada rentang 2.250 rpm hingga 2.500 rpm.

Baca juga: Segera Buka Pabrik di Indonesia, GWM Fokus di Kendaraan Elektrifikasi

Tenaganya didapat berkat pemasangan turbocharger yang baru dan sistem pembakaran yang baru. Tapi, ada juga pilihan mesin lain yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 Tk dan 147,5 Tk, serta torsi 430 Nm dan 330 Nm.

Pikap kabin ganda ini hadir dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan mode sports atau transmisi manual 6 percepatan dengan shift-by-wire yang mengurangi getaran yang disalurkan langsung dari mesin dan meningkatkan kenyamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com