Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKDN Seres E1 Masih Rancu, Sokonindo Yakin Bisa Tembus 50 Persen

Kompas.com - 11/08/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil listrik murah Seres E1 resmi diluncurkan di GIIAS 2023 dan sudah bisa dipesan konsumen, dengan banderol harga mulai dari Rp 189 juta.

Walaupun Seres E1 sudah bisa dipesan, PT Sokonindo Automobile sebagai produsen, mengaku belum bisa membagikan data, soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Franz Wang, Chief Operating Officer (COO) PT Sokonindo Automobile menjelaskan, Seres E1 sedang dalam tahap pengujian oleh Kemenperin, untuk menakar nilai TKDN miliknya.

Walaupun sedikit menyesali adanya keterlambatan dalam penyampaian informasi, Franz yakin Seres E1 akan memperoleh nilai TKDN tinggi.

Baca juga: Meluncur di GIIAS 2023, All New Honda CR-V Dibanderol mulai Rp 739,9 Juta

Seres E1 di GIIAS 2023KOMPAS.com / Daafa Seres E1 di GIIAS 2023

“Kami serahkan sepenuhnya kepada tim penguji, tapi saya yakin nilainya (TKDN) akan tinggi. Tidak tahu berapa, tapi sepertinya sekitar 50 persen,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Nilai TKDN dirasa cukup penting oleh Sokonindo karena dua alasan. Pertama, ada peluang memperoleh insentif program elektrifikasi pemerintah, berupa potongan PPN. Hal itu tentu bermanfaat bagi konsumen.

Sedangkan alasan kedua lebih kepada pembuktian kepada konsumen, bahwa semua mobil milik Sokonindo diproduksi secara lokal dan merupakan produk dalam negeri.

"Tentunya kami berharap TKDN bisa memenuhi standar yang ditetapkan, dan ada dukungan dari pemerintah untuk kami," kata Franz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com