Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun, Wuling Air EV Kuasai Pasar Mobil Listrik Nasional

Kompas.com - 11/08/2023, 12:07 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Genap berusia satu tahun, produk mobil listrik berbasis baterai mungil dari Wuling Motors, Air ev, berhasil mencatatkan penjualan 10.031 unit di Indonesia.

Pencapaian tersebut menjadikan Air ev sebagai mobil listrik pertama yang sukses tumbuh secara signifikan, dengan menorehkan penjualan dua digit hanya dalam 1 tahun.

Vice President Wuling Motors Arif Pramadana menjelaskan, Air ev berhasil menjawab tantangan dan kebutuhan pasar terkait kendaraan elektrifikasi sebagai transportasi jalan.

Baca juga: Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Chery Omoda 5 EV

Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.Dok. Wuling Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.

“Pasar kendaraan listrik saat ini semakin bertumbuh seiring dengan dukungan dari pemerintah untuk mempercepat era elektrifikasi. Tanpa terasa setahun sudah Air ev menjadi terobosan inovasi Wuling di segmen itu dan kini berhasil dominasi pasar," kata Arif di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

"Kepercayaan masyarakat terhadap Air ev dapat kami lihat dengan pertumbuhan angka penjualan yang positif, berbagai apresiasi, serta kehormatan yang diberikan kepada Air ev untuk bertugas sebagai official car partner dalam event berskala internasional,” ucap Arif, menambahkan.

Untuk diketahui, Wuling resmi memasarkan Air ev sebagai mobil listrik pertamanya di pasar Indonesia dalam gelaran GIIAS 2022 lalu.

Sejak peluncurannya, mobil listrik ini langsung direspon positif oleh konsumen. Air ev bahkan mencatatkan penjualan yang sangat baik dengan penjualan lebih dari 8.000 unit hingga akhir 2022 atau rata-rata 2.000 unit per bulan.

Baca juga: Intip Spesifikasi Lengkap 2 Mobil Hybrid Haval di GIIAS 2023

Wuling Air evWuling Motors Wuling Air ev

Tahun lalu, Air ev menutup kinerja dengan menguasai 68,7 persen pangsa pasar mobil listrik Indonesia.

Selain angka penjualan yang baik, Wuling Air ev juga mengemban tugas penting sebagai Official Car Partner dalam dua gelaran akbar berskala internasional di Indonesia.

Pada November 2022, tercatat 300 unit Air ev bertugas dalam KTT G20 di Pulau Dewata menemani perjalanan delegasi dari negara anggota dan organisasi internasional.

Lalu, Mei 2023 lalu, 50 unit Air ev turut berpartisipasi dalam kegiatan regional Asia Tenggara, KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Tidak berhenti di situ, 150 unit Air ev akan bertugas menjadi Official Car Partner KTT ASEAN 2023 di Jakarta yang digelar 5-7 September 2023 mendatang.

Baca juga: Mobil Listrik Ora 03 Mengaku Bisa Tempuh Jakarta-Yogyakarta Sekali Cas

“Kami mengapresiasi lebih dari 10.000 konsumen Air ev yang sudah merasakan berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui Air ev, mulai dari mudah dikendarai, lalu mudah pengisian dayanya bahkan di rumah, dan juga mudah dalam hal kepemilikannya," ujar Arif.

"Kami pun bangga bahwa seluruh konsumen Air ev di Indonesia telah menjadi bagian dari 1,5 juta pengguna kendaraan listrik Wuling di seluruh dunia. Kami berharap kiprah Air ev terus memberikan manfaat yang positif dalam pertumbuhan pasar kendaraan listrik Tanah Air," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com