Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Nasional Siap Hadiahkan Gelar Juara untuk HUT Ke-78 RI

Kompas.com - 08/08/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia tidak pernah kekurangan atlet berbakat yang dipenuhi talenta, khususnya dari ranah olahraga otomotif.

Mulai kategori roda dua hingga roda empat, sudah banyak atlet nasional yang menghiasi galeri pencapaian Indonesia di ranah Internasional.

Terbaru, pebalap mobil Umar Abdullah baru saja mengukir sejarah, dirinya digdaya di ajang balap Internasional Malaysia Speed Festival (MSF) kategori Ultimate Group, pada Minggu (30/7/2023).

MSF sendiri merupakan ajang balap kejuaraan internasional (kejurnas) milik Malaysia, serupa dengan Indonesia Sentul Sport of Motorsport (ISSOM) milik Indonesia.

Baca juga: Pebalap Indonesia Ungkap Tantangan Berlaga di Ajang MSF

Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah yang berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di SepangDok. Umar Abdullah Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah yang berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di Sepang

Menunggangi Honda Civic Type R FD2 nomor 86 berbalut livery biru dan merah-putih, dia berhasil mengamankan podium setelah bersaing dengan banyak pebalap lain, dan menjadi juara 1.

Tidak hanya itu, beberapa waktu sebelumnya, dia juga menjuarai Round-2 ajang MSF untuk kategori ultimate touring di sirkuit Sepang, Selangor, pada Minggu (11/6/2023). Bisa dikatakan, Umar sukses menjadi back-to-back champion.

“Ini pencapaian yang sangat baik, Alhamdulillah. Saya harap rekor juara ini bisa terus dipertahankan di balapan-balapan selanjutnya,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (4/8/2023).

Tidak mau beristirahat terlalu lama, Umar mengaku tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang ISSOM di Sentul, Minggu (13/8/2023), dan Malaysia Championship Series (MCF) yang digelar akhir Agustus 2023.

Baca juga: Ulas Daihatsu Rocky Bekas di mobil88, Cek Kondisi Eksterior

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Herjun Atna Firdaus meraih kemenangan pada balapan pertama Round 2 Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250cc (AP250) di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (13/5/2023). Dok. Honda Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Herjun Atna Firdaus meraih kemenangan pada balapan pertama Round 2 Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250cc (AP250) di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (13/5/2023).

“Saya mau fokus pada kejuaraan Asia dulu, saingannya juga oke-oke, ada Jepang, Thailang, Korea, dan semacamnya. Mohon doanya,” ujar Umar.

Selain Umar, torehan prestasi juga banyak dijumpai pada pebalap-pebalap roda dua. Tidak tanggung-tanggung, nama Indonesia juga harum di kategori Ini.

Herjun Atna Firdaus, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) sudah berulang kali melaga di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250.

Terbaru, dirinya menjuarai round-2 ARRC di sirkuit Suzuka, Jepang, pada Juni 2023 lalu.

Baca juga: Polisi Bicara Kemungkinan Motor Listrik Pakai SIM Khusus

Duet pebalap Astra Honda Racing Team Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus berhasil meraih podium kedua di Suzuka 4 Hours, Minggu (9/7/2023)AHM Duet pebalap Astra Honda Racing Team Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus berhasil meraih podium kedua di Suzuka 4 Hours, Minggu (9/7/2023)

Pebalap muda berusia 20 tahun itu juga memiliki catatan prestasi gemilang. Pasalnya sebelum mengikuti ajang ARRC, dirinya pernah menjuarai Thailand Talent Cup (TTC) tahun 2018.

“Setelah ini saya lanjut ke round-4 ARRC di Sirkuit Mandalika, tanggal 11 (Agustus) besik. Bismillah optimis juara,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (7/8/2023).

Berkenaan dengan jadwal ARRC round-4 yang mendekati 17 Agustus, Herjun berharap mampu memberikan kado terbaik bagi HUT ke-78 RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com