Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasan Berubah, Ujian Praktik SIM C1 untuk Moge Jadi Lebih Mudah

Kompas.com - 08/08/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan keputusan Korlantas Polri, ujian praktik SIM C resmi diubah dan dipermudah. Kini tidak ada lagi rintangan sulit semacam pola angka 8 dan zig-zag.

Lintasan ujian dirombak seluruhnya, menjadi pola S yang tersambung dan tidak putus-putus, serta 5 ujian penilaian baru.

Irjen Firman Shantyabudi, Kepala Korlantas Polri, berharap adanya perubahan ini bisa menghilangkan keluhan masyarakat, menyoal ujian SIM terdahulu.

"Seharusnya setelah ini, tidak ada lagi yang kesulitan (ujian SIM), karena praktiknya sudah disederhanakan," kata Firman kepada Kompas.com di Satpas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/8/2023)

Baca juga: Produsen Oli Ini Kolaborasi dengan Legenda Otomotif Jelajahi Sumatera

Sirkuit Ujian Praktik SIM C terbaru, tidak ada lagi pola Zig-zag dan angka 8Kompas.com/Daafa Alhaqqy Sirkuit Ujian Praktik SIM C terbaru, tidak ada lagi pola Zig-zag dan angka 8

Untuk diketahui, perubahan ini berlaku untuk ujian praktik bagi semua golongan SIM, mulai reguler, C1, hingga C2.

Terkait hal itu, Aipda Adi Wiguna, Penguji praktik SIM Satpas Polda Metro Jaya menjelaskan, lintasan baru ini dirasa akan sangat memudahkan peserta ujian praktik SIM C1.

SIM C1 sendiri merupakan bukti kompetensi berkendara untuk motor dengan kubikasi mesin 250 cc hingga 500 cc, alias golongan motor gede (Moge).

“Nyetirnya lurus dan enggak pakai slalom (zig-zag), cukup ikuti instruksi saja,” ujarnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Toyota Kucurkan Rp 2,5 Triliun untuk Produksi Lokal Yaris Cross

Motor untuk ujian praktik SIM C, SIM D, dan SIM C1 terbaruKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor untuk ujian praktik SIM C, SIM D, dan SIM C1 terbaru

Satu poin yang memang dirasa sangat mempermudah adalah penambahan lebar lintasan, dari yang sebelumnya hanya 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2 kali lebar kendaraan.

Pelebaran tersebut membuat rasa berkendara menjadi lebih mantap tanpa perlu khawatir motor akan melewati marka, karena garis lintasan yang terlalu sempit.

Selain itu, sejalan dengan apa yang disampaikan Adi, penghapusan pola zig-zag dan angka 8 juga membuat pengendara lebih nyaman, dan terhindar dari kelimbungan karena harus berputar-putar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com