Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Daihatsu Rocky Bekas di mobil88, Cek Kondisi Eksterior

Kompas.com - 08/08/2023, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas merupakan pilihan buat pencari kendaraan harga terjangkau. Bursa mobil bekas tidak pernah sepi peminat terutama untuk mobil bekas tahun muda dengan kondisi prima.

Salah satu perusahaan yang menyediakan mobil bekas siap pakai ialah mobil88. Kompas.com pun penasaran dengan kondisi berbagai mobil yang dijajakan di salah satu anak usaha Grup Astra tersebut.

Baca juga: Hitung Biaya Konsumsi Daya Mobil Listrik Lexus RZ 450e

Untuk membuktikannya Kompas.com mendatangi mobil88 di Cilandak, Jakarta Selatan, dan menjajal atau test drive singkat Daihatsu Rocky yang sedang dijual.


Test drive Daihatsu Rocky di mobil88
KOMPAS.com/Gilang Test drive Daihatsu Rocky di mobil88

Ada beberapa parameter yang dipakai untuk melakukan tes kali ini. Mulai dari eksterior, interior, dan rasa berkendara.

Pertama ialah soal eksterior, sebab seperti diketahui mobil bekas bukan mobil baru yang turun dari diler. Sedangkan eksterior ialah hal pertama yang dilihat mata baik itu mobil bekas atau baru.

Mobil yang Kompas.com jajal ialah Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone, transmisi AT produksi tahun 2021. Artinya mobil warna merah metalik itu sudah berumur dua tahun dan merupakan model-model awal ketika meluncur di Indonesia.

Baca juga: Harga Vespa Lawas yang Makin Mahal, Benarkah?

Sejauh yang Kompas.com perhatikan ialah bodi masih mulus. Tidak ditemukan goresan di bagian bumper bagian bawah depan baik di sisi kanan atau kiri yang biasanya tempat "besot" jika pemakai sebelumnya sembrono.

 


Test drive Daihatsu Rocky di mobil88
KOMPAS.com/Gilang Test drive Daihatsu Rocky di mobil88

Kemudian beralih ke ujung spion juga tidak ditemukan lecet-lecet. Hal sama juga diperhatikan di bagian bagian bodi samping bagian bawah.

Kompas.com juga memerhatikan bagian emblem-emblem bagian belakang yang masih bersih tidak terlihat ada kerak-kerak yang biasanya menempel di ujung emblem.

Salah satu penjaga mobil88 di lokasi mengatakan, saat mobil datang pihaknya memang "merekondisi" sampai keadaan terbaiknya. Namun tidak disebutkan patokannya apa, hanya yang pasti mobil bersih, nyaman dan sehat.

Baca juga: Intip Persiapan Merek Baru Neta, Great Wall, dan Maxus di GIIAS 2023

Rocky dibekali mesin berkode 1KR-VET berkubikasi 1.000 cc tiga silinder turbo. Menghasilkan 96,4 tk pada 6.000 rpm dan torsi 149 Nm pada rentang 2.000 rpm - 4.000 rpm.


Test drive Daihatsu Rocky di mobil88
KOMPAS.com/Gilang Test drive Daihatsu Rocky di mobil88

Rocky yang Kompas.com coba dibanderol Rp 221 juta oleh mobil88, adapun harga baru di situs resmi dipatok Rp 274 jutaan. Kemudian jika dibandingkan di situs jual beli OLX dengan kata kunci "Daihatsu Rocky 1.0 R Turbo ASA" mobil dibanderol mulai dari Rp 212 juta - Rp 230 juta tergantung kondisi.

Membahas desain Rocky, pertama kali meluncur di Indonesia pada April 2021.

Kalau dulu pernah ada Rocky yang hadir pada dekade 1990-an, jelas memiliki penampilan yang berbeda. Melihat desain fascia, Rocky terlihat segar dengan bahasa desain yang baru beda dengan Rocky jadul yang memiliki garis-garis bodi mengotak.

Sekilas mobil ini memang tampak sama dengan Toyota Raize, namun Rocky memiliki gril trapesium yang lebih besar. Desain lampu secara umum sama seperti Raize. Namun, Rocky tak memiliki DRL (Daytime Running Light), hanya ada foglamp di bagian bawah.

Baca juga: Toyota Kucurkan Rp 2,5 Triliun untuk Produksi Lokal Yaris Cross


Test drive Daihatsu Rocky di mobil88KOMPAS.com/Gilang Test drive Daihatsu Rocky di mobil88

Rocky memiliki panjang 4.030 mm dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Artinya Rocky lebih besar daripada Ayla namun masih lebih kecil dibandingkan Xenia. Kemudian Rocky lebih gagah karena ada overfender hitam seperti SUV kebanyakan.

Bagian kaki-kaki, Rocky varian teratas mengusung pelek dual tone ukuran 17 inci dibalut ban GT Radial Champiro Ecotec 205/50R17.

Kemudian di bagian belakang, Rocky juga tampak manis lantaran minim aksesori krom. Di kaca belakang sudah ada wiper namun belum ada defogger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com