Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Konsumsi Daya Mobil Listrik Lexus RZ 450e

Kompas.com - 07/08/2023, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV), Lexus RZ 450e menawarkan konsumsi daya yang ekonomis dibandingkan mobil konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE).

Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan daya yang terpakai selama penggunaan di jalanan perkotaan sebagaimana pengetesan redaksi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Penggunaan daya ini dapat dipantau melalui layar MID (Multi Information Display). Namun yang berbeda dari mobil konvensional, pada kendaraan ini satuan untuk pengukuran bukan 'per liter' melainkan 'km per kWh'.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Hanya 2 Hari karena Server Down, Warganet Protes

Daya listrik Lexus RZ 450eKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Daya listrik Lexus RZ 450e

Berdasarkan pengetesan redaksi saat melaju dengan RZ 450e di jalan perkotaan yang macet hingga jalan tol, catatan konsumsi listrinya setelah melaju sampai 52 kilometer menghasilkan rata-rata 5,4 km per kWh.

Untuk diketahui, hasil ini didapat melalui penghitungan layar MID di dasbor. Dengan baterai mobil yang berkapasitas 71,4 kWh, artinya mobil bisa melaju hingga 400 km jika baterainya terisi penuh.

Sementara itu dengan tarif listrik saat ini yang dipatok Rp 1.444 per kWh, maka kira-kira biaya pengisian baterai RZ 450e sampai penuh ialah Rp 103.102. Biaya yang cukup murah jika melihat jarak tempuh yang bisa menembus 400 km.

Tentu ini bakal menghemat ongkos Anda. Apalagi jika dibandingkan mobil bermesin konvensional, yang butuh biaya hingga ratusan ribu rupiah jika dipakai untuk jarak tempuh yang sama.

Baca juga: Konsekuensi Punya Mobil Diesel Modern, Jangan Pakai Solar Buruk

Aksi manuver Lexus RZ 450e Kompas.com - Aris Harvenda Aksi manuver Lexus RZ 450e

Akan tetapi ongkos pengecasan yang murah harus dibayar dengan waktu tunggu pengisian daya yang terbilang lama. Jika diisi dengan portable charging bawaan mobil, dengan daya listrik rumah tangga sebesar 2.200 watt, pengecasan 0-100 persen memakan waktu hingga 19 jam.

Adapun jika mengisi daya di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dengan soket DC Charger, untuk pengecasan 0-100 persen hanya berkisar 2 jam. Namun perlu diingat, dalam pengisian ini ada tarif layanan yang dikenakan yakni maksimum Rp 52.000 sekali pengisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com