Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Handal, Neta Siap Rakit Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 07/08/2023, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Neta Auto Indonesia, produsen mobil listrik asal China, resmi menjalin kerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk keperluan perakitan produk dalam bentuk completely knocked down (CKD).

Kerja sama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) telah dilakukan pada akhir Juli 2023. Sementara proses perakitan dimulai pada kuartal kedua 2024.

Wang Chengjie, Assistant President of Neta Auto and Vice President of Neta Overseas mengatakan, kerja sama dengan Handal sebagai mitra lokal jadi salah satu bentuk komitmen dan keseriusan dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Tak hanya itu, Neta juga berusaha membangun kemitraan yang kuat dengan berbagai perusahaan guna mengembangkan industri otomotif Tanah Air.

Mobil listrik Neta Uist Mobil listrik Neta U

Diharapkan adanya kerja sama dengan HIM dapat mewujudkan visi dan misi dalam mendukung program pemerintah Indonesia mendorong penggunaan kendaraan listrik

"Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menerima mobil listrik sebagai kendaraan penunjang mobilitas sehari-hari kegiatan karena terbukti efektif dan ramah lingkungan," kata Wang dalam keterangan resminya, Senin (7/8/2023).

Sementara itu, Presiden Direktur PT HIM Denny Siregar mengatakan, pihaknya sudah melihat komitmen dari Neta serta adanya kesamaan visi serta misi dalam mendukung program elektrifikasi dari pemerintah.

Baca juga: Mobil Listrik Neta V Mau Meluncur, Simak Harganya di Negara Tetangga

"Tentu saja, sebelum berkolaborasi, kami melihat komitmen NETA dari perjalanan dimulai pada 2014 ketika didirikan, kemudian pada 2018 mulai dengan produk pertama hingga saat ini sudah di beberapa negara dan akhirnya resmi hadir di Indonesia," kata Denny.

Diler Neta yang berdiri di Kelapa Gading, Jakarta Utara.KOMPAS.com/Gilang Diler Neta yang berdiri di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, langkah yang dilakukan Neta untuk perakitan lokal dengan menggandeng Handal bukan hal baru. Sebelumnya, hal serupa juga sudah lebih dulu dilakukan PT Chery Sales Indonesia (CSI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com