Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus PO PMTOH Punya Rute Terjauh Solo - Banda Aceh, Saingi Bus PO ALS

Kompas.com - 07/08/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus AKAP hingga satu ini masih menjadi sarana transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Pada saat perjalanan menggunakan bus AKAP biasanya akan menghabiskan waktu dan jarak tempuh yang panjang. Bahkan, beberapa perusahaan otobus punya trayek panjang dan jauh, salah satunya milik PO Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH).

PO bus asal Banda Aceh tersebut punya trayek Solo - Medan - Banda Aceh yang melewati rute Banda Aceh- Medan – Jakarta – Bandung – Solo. Jika dilihat dari google maps, jarak dari Solo – Banda Aceh, perjalanan bus menempuh jarak 2.663 km.

Baca juga: Balapan dengan Fairing Terbuka, Quartararo Masih Bisa Finis

Jarak tempuh bus milik PO MTOH tersebut sekaligus menyaingi trayek terpanjang milik PO ALS rute Medan- Jember yakni 2.833 km.

Kemudian untuk estimasi durasi perjalanan disebutkan akan memakan waktu 50 jam. Hanya saja, begitu melakukan perjalanan secara langsung akan berbeda, sehingga lebih lama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ahmad Wildani (@ahmad_wildani13)

 

Sebab biasanya bus akan beberapa kali mampir ke rest area demi keselamatan berkendara sopir bus. Jika sopir sampai kelelahan, maka akan membahayakan perjalanan.

Tidak hanya itu, para penumpang dan awak bus lainnya juga harus beristirahat sejenak, baik itu ke toilet, sholat atau makan.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro Champion Edition Siap Meluncur, Intip Ubahannya

Selain itu, bus juga rentan alami berbagai kondisi yang tidak bisa diprediksi di jalan. Sehingga akan menjadi kendala untuk perjalanan dan durasinya akan jadi lebih lama lagi.

Berdasarkan pengalaman salah penumpang bus PO PMTOH yang diunggah pada Instagram @ ahmad_wildani13, perjalanan bus tersebut memakan waktu hampir 6 hari dengan tarif tiket Rp 850.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com