Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor Lagi KTM RC 390 Baru, Bodi Mirip Motor Moto3

Kompas.com - 07/08/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM memang punya rencana memperbarui tampilan dan mesin dari RC 390. Motor baru ini pun tertangkap kamera sedang dites, terlihat fairing baru dan mesin yang diklaim lebih besar.

Dikutip dari Moto7, sebelum RC 390, Duke 390 dulu yang tertangkap kamera sedang dites. Perbedaannya bisa dilihat dari sasis, posisi suspensi belakang, lampu depan sampai instrument cluster yang berubah.

Diduga, basis Duke 390 ini juga yang akan dipakai oleh saudaranya yang lebih bergaya balap, RC 390. Motor ini pun tertangkap kamera, sedang dites tapi tanpa kamuflase yang berat, jadi terlihat sedikit lekukan fairing-nya.

Baca juga: Intip Kabin Kabin Bus Baru Juragan 99 Trans, Mirip Hotel Kapsul

KTM RC 390 terbaruMOTO7.net KTM RC 390 terbaru

Kalau disimak dari fotonya, fairing yang digunakan jadi teringat ke motor Moto3, lebih streamline alias mulus. Berbeda dengan sebelumnya yang memang bentuknya kurang disukai orang.

Makanya untuk model baru ini, RC 390 pakai model lampu depan yang mirip-mirip dengan generasi pertama. Jadi lampu LED dan lampu sein terpisah, ditambah lampu belakangnya yang terintegrasi, mudah dilepas-pasang.

Bisa dilihat, ergonomi berkendara di RC 390 baru ini tampaknya tidak jauh berbeda dengan model 2022. Namun ubahannya bisa dilihat di kaki-kaki, terutama suspensi belakang.

Baca juga: Yamaha Bersaing dengan KTM Cari Tim Satelit Baru


Suspensi belakang tetap monoshock, cuma agak digeser atau side-mounted. Hal tersebut terindikasi adanya ubahan di bagian struktur rocker arm, bahkan kapasitas mesin dikabarkan naik dari 373cc ke 399cc.

Mari kita tunggu dalam waktu dekat informasi lengkap dari KTM soal apa saja ubahan di Duke dan RC 390. Semoga, motor ini juga bisa kembali meramaikan pasar Indonesia, jadi motor performa tinggi satu silinder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com