Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Viral Video Bus Alami Rem Blong Bisa Masuk ke Jalur Penyelamat | Lagi Tren, Bikin Honda Win 100 Pakai Bahan Honda Verza

Kompas.com - 07/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal sebuah bus belum lama ini baru saja terjadi di wilayah Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (30/7/2023).

Bahkan cuplikan video kecelakaan bus pariwisata pada minggu lalu tersebut kini beredar media sosial. Salah satu video yang ramai diperbincangkan adalah unggahan dari Tiktok @pesonawisata965.

Pada video tersebut, bus yang alami rem blong nampak nampak mengarah ke jalur penyelamat. Sontak tindakan sopir bus mendapatkan pujian lantaran telah sigap menyelamatkan banyak nyawa di situasi yang menegangkan. 

Selain itu, pecinta otomotif roda dua tentu tidak asing dengan Honda Win 100, sepeda motor sport naked dengan ciri khas mengotak dari bodi, tangki, hingga ke desain lampu utamanya. Honda Win pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 1984, dan langsung dijadikan kendaraan dinas berbagai instansi.

Meski sempat dipandang sebelah mata, harga Win 100 saat ini mulai merangkak naik. Salah satu sebabnya karena semakin langkanya motor sport itu dan ramainya tren penggunaan bergaya motor klasik.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 6 Agustus 2023:

1. Viral Video Bus Alami Rem Blong Bisa Masuk ke Jalur Penyelamat

Video bus alami rem blong di jalur penyelamatTiktok @pesonawisata965 Video bus alami rem blong di jalur penyelamat

Namun tidak sedikit pula yang justru mengomentari kondisi jalur penyelamat yang dinilai tidak ideal lantaran terlalu banyak batu dan bukan pasir.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, jalur penyelamatan yang diperuntukan untuk kendaraan yang alami rem blong idealnya punya alas dengan pasir tebal.

Baca juga: Viral Video Bus Alami Rem Blong Bisa Masuk ke Jalur Penyelamat

2. Lagi Tren, Bikin Honda Win 100 Pakai Bahan Honda Verza

Honda Verza custom Win garapan Mosic GarageKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage

Dilansir dari berbagai situs jual beli daring, Win dipasarkan mulai Rp 8 jutaan untuk lansiran 2002 sampai Rp 20 jutaan untuk tahun 2005.

Buat mengakali tingginya harga Win, banyak konsumen yang melakukan modifikasi. Salah satu motor yang bisa jadi bahan dasar adalah Honda Verza.

Keuntungan dari modifikasi ini, konsumen bisa mendapatkan unit yang masih segar. Karena basis motor bisa menggunakan Verza yang usianya jauh lebih muda daripada Win.

Baca juga: Lagi Tren, Bikin Honda Win 100 Pakai Bahan Honda Verza

3. Pengakuan Maling Motor, Kunci Setang Motor ke Kanan Tidak Pengaruh

Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan- Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan

Salah satu trik yang cukup populer di kalangan pengendara sepeda motor yaitu dengan mengunci setang ke arah kanan. Cara ini disebut dapat membuat maling kesulitan saat melakukan aksinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com