Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Balap MotoGP Inggris 2023: Aleix Espargaro Menang, Salip Bagnaia di Lap Terakhir

Kompas.com - 06/08/2023, 19:45 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Pebalap Aprilia Aleix Espargaro menang pada MotoGP Inggris 2023, usai sukses melewati Francesco Bagnaia di lap terakhir, di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8/2023).

Bagnaia pun harus puas podium kedua pada balapan kali ini. Posisi ketiga ditempati oleh pebalap KTM Brad Binder.

Jalannya balap dimulai dari Jack Miller yang start dari poisisi kedua langsung mencuri posisi paling depan. Adapun Marco Bezzecchi yang start dari pole position berada di posisi kedua di depan Francesco Bagnaia di posisi ketiga.

Dua lap kemudian Bagnaia berhasil menyalip Bezzecchi di posisi kedua. Bezzecchi kini di posisi ketiga di depan Alex Marquez di posisi keempat yang menang di sprint race pada Sabtu, (5/8/2023).

Baca juga: Alex Marquez Raih Kemenangan Perdana Bersama Gresini Racing

 

Tak lama Miller melakukan kesalahan yang membuat dirinya kehilangan posisi. Rombongan paling depan kini diisi Bagnaia, Bezzecchi dan Miller yang melorot ke posisi ketiga.

Di sisi lain di lap ketiga pebalap Repsol Honda Marc Marquez berada di posisi ke-11 sedangkan pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berada di pisisi ke-13.

Dia lap keempat pebalap Repsol Honda, Joan Mir mengalami kecelakaan dan membuatnya tersingkir dari balapan.

Baca juga: Pasang Peredam Mobil Tidak Selalu Bikin Kualitas Audio Lebih Bagus

Di lap kelima pebalap Aprilia Aleix Espargaro berhasil menyalip Alex Marquez dan kini berada di posisi ketiga. Pebalap asal Spanyol tersebut kemudian memburu Bezzecchi di posisi kedua dengan jeda waktu nyaris 1 detik.

Tak lama Alex Marquez kembali ke pit karena ada masalah teknis. Tempat lama Alex Marquez kini diisi ppebalap tim pabrikan KTM, Brad Binder di posisi keempat.

Di lap keenam, Bezzecchi terjatuh dan berakhir di gravel. Pebalap asal Italia itu mengalami low side, yang membuat dia dan motornya meluncur sampai ke pasir.

Jatuhnya Bezzecchi membuat Aleix Espargaro otomatis naik ke posisi kedua. Diikuti oleh Brad Binder dan Maverick Vinales di posisi ketiga dan keempat. Serta pebalap Pramac Ducati Johan Zarco di posisi kelima.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023

Baca juga: Toyota Land Cruiser Prado Tampil Bergaya Convertible


Di lap kesembilan posisi rombongan depan tidak berubah. Hanya saja Bagnaia dan Aleix Espargaro mulai meninggalkan rival di belakang. Gap antara Aleix dengan Binder di posisi ketiga kini mencapai 1,5 detik.

Di lap ke-12 Aleix Espargaro terus menusuk ke depan. Jaraknya dengan Bagnaia kini terpaut 0,3 detik dan menajam di akhir lap menjadi 0,1 detik.

Sisa delapan lap, berkibar bendera putih membuat pebalap tidak boleh menyalip pebalap lain dan melakukan swap bike.

 

Sisa tujuh lap terakhir para pebalap kembali memacu motor. Namun karena sempat berkibar bendera putih, jarak antara para pebalap menjadi sangat rapat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com