Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsumsi BBM Keeway SCR 250V di Perkotaan, Tembus 37,9 Kpl

Kompas.com - 05/08/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor Keeway SCR 250V dilengkapi dengan mesin 250cc dua silinder yang disusun V. Konfigurasi mesin ini terbilang unik di kelasnya dan punya suara knalpot yang khas.

Secara performa, mesin tersebut menghasilkan 16,8 TK di 8.500 RPM dan torsi 17 Nm di 5.500 RPM. Memang terlihat kurang bertenaga, tapi saat redaksi pakai buat harian, sangat cukup.

Pada tulisan kali ini, redaksi akan mengetes konsumsi BBM dari Keeway SCR 250V. Pengetesan dilakukan dengan metode full to full, jadi awalnya tangki diisi penuh, dipakai jalan, baru diisi lagi sampai tingkatannya sama.

Baca juga: Impresi Berkendara Keeway SCR 250V, Nyaman Tapi Gahar


Untuk rute, redaksi melewati rute luar kota dan dalam kota. Untuk luar kota, motor kami bawa dari Jakarta ke Bogor dan bolak-balik, melewati Jalan Raya Bogor yang cukup ramai.

Sedangkan untuk rute dalam kota, kami melewati jalanan Jakarta di mana cukup macet. Saat di Bogor pun sempat dibawa keliling, tapi dalam kondisi yang juga macet.

Selama tiga hari, motor sudah menempuh jarak sejauh 170,6 Km. Ketika kami isi kembali tangkinya sampai penuh, muncul angka 4,5 liter.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Ball Joint Mobil Mulai Rusak

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Maka untuk menghitung konsumsi BBM, jarak yang sudah ditempuh dibagi dengan jumlah bensin yang diisi. Maka keluar angka 37,9 Kilometer per liter, artinya satu liter bisa buat SCR 250V jalan 37,9 Km.

Bisa dibilang, konsumsi BBM tersebut cukup hemat untuk sekelas motor 250cc. Selain itu, didapatkan juga motor yang nyaman ditambah dengan suara dari knalpot yang gahar.

Jadi, dengan banderol mulai Rp 54 jutaan, menurut kami Keeway SCR 250V bisa jadi motor pilihan buat harian. Tampilannya keren, konsumsi BBM cukup hemat, ditambah suara dari knalpot yang gahar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com