Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Pengendara Mobil Protes kepada Petugas Tol karena Pakai 1 Kartu buat 2 Mobil

Kompas.com - 01/08/2023, 14:51 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan protes pengguna mobil dengan salah satu petugas tol, tepatnya di Gerbang Tol (GT) Kunciran 6.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Tiktok bernama omChunq, terlihat pengguna mobil yang protes kepada petugas lantaran tidak bisa keluar di GT Kunciran 6.

Diketahui peristiwa itu terjadi lantaran pengguna mobil menggunakan satu kartu untuk dua kendaraan.

Harusnya kalau tidak bisa saya nge-tap yang kedua mobil di sana tidak bisa. Harusnya di sana diblokir dong,” ucap pengguna mobil dalam video tersebut.

Baca juga: Tesla Gigafactory di China, Bikin Mobil Listrik Kurang dari 40 Detik

Pada video itu juga terlihat petugas yang mencoba menjelaskan bahwa pengguna tol tersebut melanggar aturan yang sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 mengenai jalan tol.

Kalau bapak mau lewat silahkan bayar tarif denda dua kali tarif terjauh kalau bapak mau keluar. Kalau tidak juga tidak apa-apa, bapak tunggu di sini saja,” ucap petugas tol.

Peristiwa ini pun mengundang beragam komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang menilai pengguna mobil tersebut belum tidak paham aturan sistem pembayaran jalan tol. 

@omchunq

edukasi pengguna tol tidak boleh 1kartu 2mobil..ada yg seperti ini..?!

? suara asli - omChunq

"Dikira naik KRL kali. Kan konsepnya dah jelas tap pertama buat kasih tau sistem masuk drmna tap kedua buat kalkulasi keluar dimna dan hbs brp," tulis komentar sumiratangga.

"Satu kartu, satu kendaraan bos," tulis akun agusyanto846.

"Kalo gerbang tol sistem tertutup itu tidak bisa 1 etoll 2 mobil bos karena nanti ketika dipintu keluar yg terbaca hanya 1 data mobil," tulis akun A Irawan 182.

Sebagai informasi, sistem transaksi pada Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sudah menganut sistem transaksi tertutup integrasi sejak 2021 lalu.

Bila pada sistem terbuka pengguna hanya satu kali melakukan tapping di gerbang tol masuk, untuk sistem tertutup pengguna akan melakukan tapping dua kali di gerbang masuk dan keluar.

Jasa Marga juga sebelumnya sudah mengingatkan kepada pengguna tol agar memperhatikan hal-hal penting pada sistem transaksi tertutup, yakni:

Jadwal penerapan one way, contraflow, dan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.Antara/Immanuel Citra Senjaya Jadwal penerapan one way, contraflow, dan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.

1. Pastikan melakukan transaksi tol dengan kartu yang sama pada GT masuk dan GT keluar.

2. Melakukan transaksi asal tujuan yang normal. Denda 2 kali tarif terjauh dikenakan bagi transaksi asal tujuan yang tidak wajar.

3. Memastikan saldo uang elektronik cukup pada GT masuk dan GT keluar.

Sementara itu, jika pengguna jalan tidak bisa menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar dapat dikenakan dua kali tarif terjauh. Aturan ini sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 mengenai jalan tol. Pada pasal 86 pada ayat dua poin a sampai c, yakni:

Baca juga: Alasan The New SUV Mitsubishi Tidak Pakai Sunroof

Pengguna jalan tol wajib membayar denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh pada suatu ruas jalan tol dengan sistem tertutup dalam hal:

a. pengguna jalan tol tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar tol;
b. menunjukkan bukti tanda masuk yang rusak pada saat membayar tol; atau
c. tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk yang benar atau yang sesuai dengan arah perjalanan pada saat membayar tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com