Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Ini jika Lampu Rem Mobil Sering Mati

Kompas.com - 01/08/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Lampu rem mobil memiliki fungsi cukup penting karena sebagai informasi kepada pengendara lain di belakang bahwa mobil yang kita naiki sedang melakukan perlambatan.

Dengan demikian, pengendara lain bisa menjaga jarak aman dan segera mengurangi kecepatan laju mobil agar tidak terjadi kecelakaan.

Oleh karena itu sebagai pengguna, perlu segera mengganti lampu rem bila kondisinya mati. Namun, bila lampu rem sering mati, apakah ini bisa disebut normal?

Baca juga: Bikin Bingung, Ini yang Terjadi kalau Mobil Pakai Lampu Rem Modifikasi

Hyundai Stargazer EssentialKompas.com/Nanda Hyundai Stargazer Essential

Mekanik Aha Motor Yanto mengatakan penyebab lampu rem mati umumnya karena bola lampunya putus, tapi tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh faktor lain.

“Bila lampu rem sering mati, maka perlu diperiksa lebih teliti lagi apa yang menyebabkan lampu mati, bisa bola lampunya putus, bisa juga ada kendala pada rangkaian kelistrikannya,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Yanto mengatakan jika setiap pemeriksaan hasilnya bola lampu putus, maka bisa jadi kualitas bola lampunya jelek, atau pemakaian yang berlebihan.

Baca juga: Bahaya Laten di Jalan Tol Saat Malam, Trailer Enggak Pakai Lampu Rem

Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS faceliftKompas.com/Donny Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS facelift

Seperti yang diketahui, lampu rem akan terus menyala dan mati selama mobil digunakan, khususnya di jalan yang macet seperti di perkotaan.

“Jika lampu sering nyala mati, maka kerja lampu akan lebih berat dari biasanya, maka dari itu penggunaan dan kualitas bola lampu harus disesuaikan, tapi penyebab lampu rem sering mati tidak hanya soal bola lampu putus,” ucap Yanto.

Yanto mengatakan ada penyebab lain yang sering membuat lampu rem mati. Seperti dudukan bola lampu, kabel, dan rangkaian lainnya.

Baca juga: Mobil Pakai Lampu Rem Silau, Ada Ancaman Hukumannya

“Dudukan bola lampu bisa renggang, atau kotor sehingga perlu disetel dan dibersihkan bila perlu, selanjutnya periksa sambungannya baik itu kabel positif ataupun negatifnya, bisa saja kurang kuat sehingga arus listrik terhambat,” ucap Yanto.

Selain itu, lampu rem mati bisa disebabkan oleh kabel terputus karena insiden atau digigit hewan. Yanto menganatak untuk memeriksanya sebaiknya dilakukan di bengkel karena butuh ketelitian.

“Saklar lampu rem yang ada di pangkal pedal rem juga bisa menyebabkan lampu rem mati, tapi itu masalah yang disebabkan akan lebih kompleks lagi,” ucap Yanto.

Jadi, bila lampu rem mobil Anda sering mati bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri atau datang ke bengkel untuk melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com