Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Potensi Masalah Steering Tie Rod pada Suzuki S-Presso

Kompas.com - 31/07/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat masalah steering tie road, Suzuki Indonesia mengumumkan product quality update alias recall untuk S-Presso yang bermain di segmen city car.

Jumlah S-Presso yang terkena dampak di Indonesia mencapai 2.228 unit. Sementara untuk kriterianya yang diproduksi pada Juli 2022 sampai Maret 2023.

Lalu apa dampak dari masalah steering tie rod tersebut bila tidak diperbaiki?

Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), masalah pada steering tie rod S-Presso berpotensi rusak dan pecah.

Baca juga: Masalah Steering Tie Rod, Suzuki Recall 2.228 S-Presso di Indonesia

"Kalau tidak diganti dan kejadian terburuk yang bisa terjadi adalah tie rod bisa pecah atau patah. Otomatis kalau sudah putus antara steering wheel dengan roda tidak ada hubungan lagi sehingga pengendara tak bisa mengendalikan mobil lagi," ujar Yulius kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Seperti diketahui, tie rod berfungsi sebagai penghubung sistem kemudi dengan roda agar keseimbangan saat melaju dapat terjaga dengan stabil. Selain itu juga membantu mengurangi getaran pada sektor suspensi kendaraan.

Bila sampai tie rod pecah atau patah, otomatis pengendara akan sulit mengendalikan kendaraan yang pastikan sangat berdampak pada unsur keselamatan.

Karena itu, Yulius menyarankan agar pemilik S-Presso di Indonesia yang unitnya masuk dalam daftar perbaikan segera melakukan pengecekan di bengkel resmi Suzuki.

Baca juga: Penampakan SUV Baru Mitsubishi, Bagian Depan Mirip dengan Konsepnya

"Agar lebih aman, jadi sebaiknya segera ke bengkel resmi untuk pengecekan dan penggantian," kata Yulius.

Sebelumnya Suzuki Indonesia menjelaskan saat ini sedang melakukan pengadaan komponen steering tie rod baru yang akan dipakai untuk penggantian pada unit pelanggan.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

Bila telah tersedia, diler resmi akan menghubungi dan mengundang 2.228 pelanggan pemilik unit S-Presso di Indonesia secara bertahap guna melakukan pengecekan kendaraan dan melakukan penggantian komponen yang diperlukan.

Sementara unit yang masih berada di diler dan menjadi stok akan diperiksa dan dilakukan penggantian terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke pelanggan.

Baca juga: Diskon Hyundai Creta Tembus Rp 30 Juta

 

Untuk unit yang diproduksi mulai dari April 2023 dan setelahnya, dipastikan aman karena telah mendapatkan pembaharuan.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Tak hanya itu, seluruh biaya pengecekan dan pergantian komponen dipastikan gratis. Dengan demikian, konsumen tak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com