Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki S-Presso Terkena Recall di India, Indonesia Belum Aman

Kompas.com - 27/07/2023, 18:05 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki India atau Maruti Suzuki mengumumkan bahwa pihaknya menarik kembali S-Presso. Untuk diketahui, SUV ringkas tersebut juga dipasarkan di Indonesia oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dikutip dari Autocarindia.com, Kamis (27/7/2023), Maruti Suzuki mengumumkan recall terhadap 87.599 unit kendaraan S-Presso di India.

Penarikan kembali ini dilakukan untuk memeriksa kemungkinan cacat pada bagian tie rod, yang dapat memengaruhi kemampuan kemudi dan handling.

Baca juga: Cek Biaya Perawatan S-Presso Facelift di Bengkel Resmi Selama 5 Tahun

Disebutkan bahwa unit yang terdampak merupakan hasil produksi antara 5 Juli 2021 sampai 15 Februari 2023.

Maruti mengatakan bahwa jaringan bengkel resminya akan menghubungi para pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian suku cadang yang rusak, tanpa dipungut biaya.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Suzuki Indonesia resmi meluncurkan S-Presso pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil berdimensi cukup mungil ini diimpor secara utuh dari India.

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Suzuki melakukan penyegaran pada S-Presso dengan menyematkan mesin baru dan melengkapi fiturnya.

Baca juga: Impresi Berkendara Suzuki S-Presso ke Luar Kota

Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS Donny Saputra, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan data dan pengecekan lebih lanjut secara internal.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

"Kami akan informasikan lebih lanjut, dan apabila ada yang terdampak pasti kami akan umumkan dan segera menghubungi konsumen kami sesegera mungkin," ujar Donny, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Saat ini, S-Presso dibanderol Rp 168,3 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual. Sementara tipe Auto Gear Shift (AGS), harganya Rp 178,3 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com