Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keeway Belum Tertarik Tambah Motor Listrik

Kompas.com - 15/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway memperkenalkan lima model di Jakarta Fair 2023, terdiri dari tiga sepeda motor dan dua sepeda listrik. Kali ini, tidak ada motor listrik baru yang dipamerkan.

Steven Kentjana Putra, Presiden Direktur Benelli Motor Indonesia (BMI), mengaku masih kurang berminat memperkenalkan apalagi menjual motor listrik baru, untuk saat ini.

Menurutnya, pasar konsumen Indonesia masih terlalu prematur untuk ditawari motor listrik. Selain itu, kompetisinya juga terbilang masih tipis.

“Ditambah lagi soal ketentuan TKDN dan uji tipe KLBB yang ditetapkan pemerintah. Menurut saya, kami (BMI) enggak perlu jualan motor listrik untuk saat ini,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Ada di Zona Blind Spot, Pengendara Motor Nyaris Terlindas Truk

Peluncuran 5 produk baru Keeway di Jakarta Fair Kemayoran 2023Kompas.com/Fathan Peluncuran 5 produk baru Keeway di Jakarta Fair Kemayoran 2023

Dia menambahkan, minat konsumen untuk motor jenis internal combustion engine (ICE) masih sangat tinggi. Kondisi inilah yang menjdi fokus jualan utama dari Benelli.

“Makanya kami terus menghadirkan varian-varian terbaru motor ICE, karena pasarnya jelas dan konsumennya banyak,” kata dia

Untuk kendaraan listrik, Benelli dan Keeway hanya akan menjual sepeda listrik premium. Menurut Steven, jenis ini memiliki peminat yang cukup besar.

“Sementara waktu kami akan jualan sepeda listrik premium. Peminatnya banyak sekali, bahkan sampai jajaran menteri,” kata dia.

Baca juga: Hingga Mei 2023, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

2 Sepeda listrik premium terbaru dari KeewayKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy 2 Sepeda listrik premium terbaru dari Keeway

Untuk diketahui, Keeway memboyong dua sepeda listrik premium baru bernama Type 2 Metro City dan ADV. Metro City menawarkan desain klasik, sedangkan ADV lebih ke bergaya petualang.

Spesifikasi kedua sepeda listrik terbilang mirip, yakni dibekali baterai 48 volt 16 ampere hour dihubungkan ke motor listrik 400 watt (800W peak).

Terkait harga, Keeway membaderol harga Rp 9,9 juta untuk model Type 2 ADV. Sedangkan yang Type 2 Metro City, harganya Rp 10,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com