Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Agar Anak Tidak Rewel di Mobil Saat Perjalanan

Kompas.com - 27/07/2023, 18:56 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dengan mobil bersama anak memang hal yang sangat menyenangkan bagi para keluarga. Sehinga perlu persiapan yang matang agar anak betah di dalam mobil dan tidak rewel.

Sebagai orang tua, saat membawa anak dalam perjalanan menggunakan mobil perlu mempersiapkan kebutuhan dan perhatian yang ekstra.

Ini diperlukan karena anak sedang mengalami perkembangan emosional dan kognitif yang signifikan, sehingga anak perlu perhatian khusus agar anak betah di dalam mobil saat perjalanan.

Baca juga: 6 Tips Perjalanan Naik Mobil Pribadi agar Terasa Lebih Nyaman

Ilustrasi car seat(Thinkstockphotos) Ilustrasi car seat

Amanda Margia Wiranata, S.Psi., M.Si., Psikolog Kasandra & Associates, Jakarta, memberikan beberapa tips perjalanan aman dan nyaman membawa anak-anak di dalam mobil.

"Sebelum berangkat pastikan anak tidak dalam kondisi lapar atau sudah makan. Pastikan anak sudah buang air untuk anak yang sudah lepas popok," ucap Amanda kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Anak Rewel di Malam Hari? Lakukan 6 Cara Ini agar Mudah Tertidu

Ilustrasi bayiFreepik Ilustrasi bayi

Amanda juga menambahkan, persiapkan car seat, lagu kesukaan, mainan, makanan dan minuman, serta ajak interaksi anak selama perjalanan dengan bernyanyi bersama atau permainan sederhana.

"Berinteraksi selama perjalanan dengan anak dapat mengurangi kebosanan anak saat harus duduk  dalam waktu yang lama. Ajak anak melihat pemandangan ke luar jendela, dan berikan permainan sederhana, seperti meminta anak mencari beberapa warna pada benda yang dilewati ketika perjalanan atau dengan menyanyi bersama," ucap Amanda, Rabu (26/7/2023).

Dengan interaksi ini, anak tidak akan terasa bosan dan menghindari anak rewel dalam perjalanan. Sehingga perjalanan akan terasa menyenangkan untuk anak dan memberikan kenangan yang baik.

Ilustrasi memberikan car seat sebagai kado untuk bayi.dok. Shutterstock/ShokulPdi Ilustrasi memberikan car seat sebagai kado untuk bayi.

Car Seat

Membawa anak yang masih kecil dalam perjalanan menggunakan mobil, sebaiknya didudukkan di car seat khusus balita.

Car seat diketahui lebih aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak selama perjalanan di dalam mobil, serta dapat melindungi mereka dari benturan keras. Apabila anak sudah dapat duduk dengan baik, diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman.

Kabin yang Nyaman

Memastikan kabin mobil dalam kondisi yang bersih dan rapi, sehingga membuat anak menjadi betah dan perherakan anak tidak terganggu.

Pastikan untuk menyediakan entertaiment seperti film atau game yang bervariasi agar anak tidak cepat bosan. Bisa juga membawa boneka atau barang kesanyangan dan juga cemilan dan minuman kesukaan anak untuk membuat anak lebih tenang.

Jangan Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil

Meninggalkan anak sendirian di dalam mobil masih sering dilakukan oleh oknum orang tua, hal ini memiliki risiko yang besar tehadap anak. Padahal itu sangat tidak direkomendasikan karena besar sekali risiko bahaya terhadap anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com