Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Highway Hypnosis Saat Nyetir Perjalanan Jauh

Kompas.com - 28/06/2023, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang sebagai perayaan dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 resmi jatuh pada 28-30 Juni 2023. Pada periode tersebut, pemerintah RI tak membatasi mobilitas masyarakat untuk berpergian bersama keluarga.

Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) memprediksi, dengan libur panjang ini maka akan ada kenaikan arus lalu lintas yang keluar Jabotabek di jalur tol atau bebas hambatan 65,6 persen dari biasanya.

Maka, bagi pengendara yang hendak melakukan perjalanan jauh selama libur Idul Adha 2023, perlu melakukan persiapan dahulu. Apalagi dalam perjalanan jauh yang cukup intens, sering terjadi highway hypnosis.

Baca juga: Mitos atau Fakta, AC Mobil Harus Mati Saat Menghidupkan Mesin?

Ilustrasi berkendara di tol trans jawadok.HPM Ilustrasi berkendara di tol trans jawa

Melansir unggahan Twitter Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) @KemenPU, highway hypnosis adalah fenomena berkurangnya konsentrasi saat sedang mengemudi dalam jarak jauh.

Kondisi ini mengakibatkan pengemudi tidak sadar dan berpotensi kehilangan kendali kendaraan yang memicu kecelakaan.

Highway hypnosis tetap berpotensi terjadi akibat lingkungan berkendara yang membosankan, meskipun pengemudi sudah cukup tidur atau beristirahat sebelumnya.

Dijelaskan Tranining Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, cara paling ampuh untuk menghindarinya ialah beristirahat di sela-sela perjalanan.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Volume Kendaraan Tol Cipali Diprediksi Naik

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

"Banyak pengemudi yang melakukan istirahatnya sudah benar, duduk ngobrol. Tapi waktu kita beristirahat itu, saraf, otak dan otot harus dirangsang, di-refresh," jelasnya.

Menurutnya, waktu istirahat yang tepat ialah setelah pengendara sudah ada di balik kemudi selama 2-4 jam lamanya.

Kemudian, untuk mengalihkan pikiran agar tetap fokus, bisa juga dengan mendengarkan percakapan di radio karena proses ini membutuhkan lebih banyak konsentrasi daripada mendengarkan musik.

Baca juga: Catat, Layanan SIM di Jakarta Tutup Saat Libur Idul Adha 2023

Postur tubuh yang baik akan memaksimalkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membantu menjaga tubuh agar tetap prima.

Pengemudi juga bisa mengatur posisi duduk senyaman mungkin saat berkendara dan melakukan senam ringan dengan menggerakkan leher supaya badan tidak kaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com