Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Penumpang Pakai Toilet Saat Bus Berhenti

Kompas.com - 25/07/2023, 14:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian penumpang bus menyalahgunakan fasilitas toilet bus AKAP kembali terjadi. Kejadian tersebut terekam pada cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @kemebus.

Ada salah satu penumpang  dari PO Gunung Harta yang menggunakan toilet untuk buang air kecil pada saat bus parkir di suatu tempat. Bus AKAP tersebut tidak punya penampung atau septictank, sehingga pembungan dari toilet bus langsung jatuh ke bawah.

Padahal, dalam setiap layanan bus AKAP sudah diperingatkan agar penumpang  menggunakan toilet untuk buang air kecil pada saat bus sedang berjalan.

Baca juga: Mengenal BBM Pertamax Green 95 yang Dijual Rp 13.500 Per Liter

Namun masih banyak penumpang yang tetap menggunakan toilet saat bus sedang diam atau parkir.

Menanggapi video tersebut, Gunawan salah satu kernet bus PO Gumarang Jaya mengatakan, bila sudah kejadian seperti di video tersebut, biasanya kru bus yang akan tanggung jawab membersihkan area yang menjadi kotor akibat pembuangan toilet. 

"Memang tidak boleh pakai toilet bus untuk buang air kecil pada saat lagi berhenti misalnya pada saat macet atau parkir. Kasihan nanti lingkungan punya orang lain jadi kotor karena bus AKAP kebanyakan belum pakai penampung. Kalau sudah begitu biasanya kru yang tanggung jawab karena biasanya penumpang tidak mau mengaku," kata Gunawan kepada Kompas.com, Senin (25/7/2023). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kemenbus (@kemenbus)

Menurut Gunawan, masih banyak penumpang bus yang takut ditinggal kalau ke toilet umum pada saat perjalanan. Alhasil, fasilitas toilet yang ada di bus AKAP jadi digunakan oleh penumpang. 

Tidak hanya itu, biasanya pada saat perjalanan bus akan singgah pada beberapa rest area yang bisa dimanfaatkan penumpang untuk ke toilet. 

"Padahal, sebenarnya penumpang bisa minta izin dulu pada kru bus untuk ke toilet. Sehingga kru bus akan menunggu penumpang dan melanjutkan perjalanan. Penumpang tidak akan ditinggal, tenang saja," kata Gunawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com