Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Freon, Ini Penyebab Lain AC Mobil Tak Lagi Dingin

Kompas.com - 21/07/2023, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyejuk udara alias air conditioner (AC) pada mobil menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan yang sangat dibutuhkan.

Tak heran bila keberadaan AC saat ini sudah menjadi perangkat standar. Tak seperti dulu, yang hanya ada pada mobil-mobil mewah.

Namun seiring dengan pemakaian, kerja AC mobil dalam menyejukkan atau mendinginkan ruangan bisa mengalami penurunan.

Alhasil, kabin tetap terasa panas yang pastinya sangat mengganggu kenyamanan ketika berkendara di siang hari.

Baca juga: Rincian Biaya Servis Berkala Omoda 5 Z, Mahal atau Murah?

Lantas apa saja yang menyebabkan AC mobil menjadi tak dingin?

AC MobilDenso AC Mobil

Menjawab hal ini, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, setidaknya ada lima hal yang bikin AC mobil tak lagi dingin ketika digunakan.

Pertama karena masalah pada freon, lalu motor fan yang sudah lemah atau mati, filter kabin yang tersumbat, evaporator yang kotor, atau mesin terjadi overheat.

"Memang paling sering kejadian karena freon, entah berkurang atau bocor. Tapi usahakan jangan hanya terpaku pada itu saja, cek juga bagian lainnya," kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: Waspada, AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin Bisa Bikin Mesin Overheat

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, ketika mobil melakukan perawatan berkala, baiknya pemilik mobil sekaligus meminta mekanik untuk melakukan pengecekan menyeluruh pada sistem AC.

Filter kabin harus dibersihkan secara berkala, dan diganti bila perluKompas.com/Erwin Setiawan Filter kabin harus dibersihkan secara berkala, dan diganti bila perlu

Bisa saja AC yang tak dingin dikarenakan masalah-masalah yang sebenarnya sepele. Contoh karena filter kabin yang tertutup atau tersumbat dan sudah kotor, atau karena evaportor yang kotor.

"Jadi usahakan berbarengan ketika melakukan servis berkala, cek seluruh sistem AC agar memastikan masalahnya," ujar Bambang.

Hal senada sebelumnya juga pernah dijelaskan oleh Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja yang menjelaskan, masalah AC mobil yang tidak dingin kebanyakan justru bukan karena ada kerusakan, tapi lantaran kelalaian pemilik mobil.

Lalai yang dimaksud adalah pemilik mobil jarang atau bahkan tak pernah melakukan servis AC secara rutin yang membuat adanya penyumbatan atau kotor.

Baca juga: Adu Visual Daihatsu Terios Vs Suzuki XL7 Hybrid, Siapa Lebih Menarik?

AC MobilDenso AC Mobil

"Dari sekian banyaknya pelanggan yang datang ke bengkel saya mengeluhkan AC tidak dingin, 90 persen disebabkan kelalaian pemilik, yaitu hanya jarang melakukan servis AC. Mobil-mobil itu hanya membutuhkan ganti oli kompresor atau flushing jika kondisinya kotor parah, lalu pembersihan komponen luar tanpa harus dibongkar, ganti filter AC jika perlu, dan tambah freon," ucap Dewa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com