Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Ada Motor Listrik yang Kuat Terabas Banjir?

Kompas.com - 21/07/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya tahan motor listrik saat menghadapi banjir seringkali menjadi topik yang sering didiskusikan konsumen.

Asumsinya, motor listrik yang ditenagai daya baterai dianggap lemah saat menghadapi air, apalagi sampai terendam banjir.

Namun ternyata asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar, sejatinya ada jenis motor listrik yang kuat menghadapi banjir, dan daya tahannya cukup tinggi.

Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum menjelaskan, jenis yang dimaksud adalah motor listrik dengan penggerak tengah, alias mid-drive.

Baca juga: Begini Jadinya jika Motor Listrik Sering Dipakai Terobos Banjir

Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokalKOMPAS.com/daafa Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokal

Mid-drive memang lebih kuat dan daya tahannya tinggi dibandingkan hub-drive. Jadi jauh lebih aman kalau dipakai menembus banjir,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Kamis (20/7/2023).

Untuk diketahui, ada dua jenis penggerak yang digunakan motor listrik, yakni hub-drive alias penggerak belakang, dan mid-drive alias penggerak tengah.

Perbedaan kedunya juga sangaat mudah diamati, jenis hub-drive pasti memiliki pelek ban belakang yang lebih gemuk dan tertutup, karena menyimpan.komponen penting seperti magnet, dinamo, dan koil.

Sebaliknya, jenis mid-drive nampak seperti motor-motor pada umumnya. Pelek belakangnya normal dan komponen penting berada di dalam bodi motor.

Baca juga: Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Motor listrik Gesits Raya-G dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Gesits Raya-G mengusung setang kemudi terbuka dengan panel instrumen terpisah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits Raya-G dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Gesits Raya-G mengusung setang kemudi terbuka dengan panel instrumen terpisah.

“Yang bahaya kalau nembus banjir itu kalau ada air yang masuk ke komponen vital motor listrik. Buat jenis hub-drive pasti riskan (menembus banjir), tapi kalau mid-drive resikonya kecil,” ucapnya.

Selain cukup aman menembus banjir, motor listrik mid-drive juga lebih kuat saat melewati jalanan rusak, tanpa perlu khawatir komponen penting mengalami kerusakan akibat benturan.

Sebagai informasi, jenis mid-drive biasanya hanya dijumpai pada motor listrik segmen premium dengn harga tidak kurang dari Rp 20 juta.

Beberapa contohnya adalah motor listrik lansiran Ion Mobility, Gesits, Alrendo, Zero, dan Energica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com