Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kabin Bus Kelas Maunjua Punya PO Gumarang Jaya

Kompas.com - 20/07/2023, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Belum lama ini perusahaan otobus (PO) Gumarang Jaya telah meluncurkan dua unit bus baru  yang dirakit oleh Karoseri Adiputro. 

Ini menjadi peluncuran yang kedua di tahun 2023 setelah pada Januari tahun ini sempat merilis 10 unit bus anyar rakitan Karoseri Laksana.

Kompas.com berkesempatan untuk menjajal langsung salah satu unit bus Gumarang Jaya rakitan Karoseri Adiputro dari parkiran bus di Ciawi menuju Terminal Baranang Siang, Bogor. 

Baca juga: Aksi Warga Tegur Pengendara Motor Lawan Arah, Disuruh Putar Balik

kabin bus baru PO Gumarang Jaya Rakitan AdiputroKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI kabin bus baru PO Gumarang Jaya Rakitan Adiputro

Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang mengisi trayek Karawang -Lubuk Basung via Jakarta tampil mewah lantaran menjadi layanan kelas tertinggi dari PO yang berbasis di Lampung tersebut. 

Untuk layanan bus tersebut diberi nama kelas Maunjua, yang artinya dalam bahasa Minang berselonjor.

Sesuai dengan namanya, bus di isi dengan 30 kursi penumpang berkuran jumbo yang dilengkapi legrest super nyaman lantaran bisa diatur kemiringannya. Tidak hanya itu, pada masing-masing kursi juga dilengkapi dengan armrest. 

"Ini bus paling baru dari Gumarang Jaya. Meluncur sebelum Lebaran tahun ini," kata Gery Absenri salah satu sopir bus PO Gumarang Jaya kepada Kompas.com, Kamis (20/7/2023). 

Bus baru PO Gumarang Jaya Rakitan AdiputroKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus baru PO Gumarang Jaya Rakitan Adiputro

Secara spesifikasi, Gery menjelaskan bila bus tersebut menggunakan balutan bodi Jetbus3+ Voyager MHD yang ditopang oleh sasis Mercedes Benz.

Berbeda dengan bus yang lama, bus tersebut kini lebih modern dan canggih lantaran disematkan berbagai teknologi yang mempermudah sopir untuk berkendara. Kemudian, pada bagian head unit bus juga sudah menggunakan sistem digital. 

"Beda dengan yang dulu, bus ini pakai transmisi matik jadi lebih nyaman dan lebih banyak fitur canggih yang disematkan," kata Gery.

Baca juga: Bahaya, Jangan Pasang Stiker Terlalu Banyak di Kaca Belakang Mobil

Bila masuk dari pintu depan, area kru bus dan kursi penumpang dipisahkan oleh sekat partisi berupa pintu dan jendela kaca. Alhasil, aktivitas dari penumpang selama perjalan tidak akan terganggu.

Sementara itu, di bagian kanan dan kiri sekat partisi yang menghadap ruang penumpang disematkan TV. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan toilet dan juga ruang khusus merokok di area paling belakang kabin.

Nantinya, selama perjalanan, penumpang akan diberikan selimut dan juga bantal. Bagi yang berminat, untuk menggunakan layanan bus tersebut dibenderol Rp 850.000, dari Karawang, jawa Barat menuju Lubuk Basung, Sumatera Barat via Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com