Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melakukan Perawatan Motor Listrik Tidak Sulit, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 21/07/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan sepeda motor listrik sejatinya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan motor konvensional pada umumnya.

Asalkan pengguna melakukan perawatan dengan baik, kualitas kompnen motor listrik akan selalu prima dan usia penggunaannya akan lama.

Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum, membagikan dua tips perawatan motor listrik mudah di rumah. Keduanya dijamin bisa membuat baterai awet.

Tips pertama adalah seputar pengisian daya, motor listrik harus rutin dicas dan dijaga kestabilan arusnya. Prosesnya pun tidak boleh asal-asalan.

Baca juga: Begini Jadinya jika Motor Listrik Sering Dipakai Terobos Banjir

Pengecasan baterai motor listrik United TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pengecasan baterai motor listrik United TX3000

“Usahakan kapasitas baterai motor listrik dijaga, kalau bisa jangan sampai di bawah 30 persen. Jadi setelah dipakai, sebaiknya dicas. Jangan dianggurin,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Kamis (20/7/2023).

Menurutnya, baterai motor listrik yang dipaksa sampai nol persen beresiko mengalami kerusakan berupa low voltage. Hal ini mengakibatkan baterai tidak bisa dicas.

“Sama seperti aki, harus di jump-start ulang supaya bisa nyala lagi. Ini bisa dialami semua jenis baterai, mulai SLA sampai litium,” ucap dia.

Proses pengisian daya yang benar juga ada langkahnya, motor listrik sebaiknya tidak langsung dicas setelah digunakan. Sebaiknya ditunggu dulu sekitar 10 menit sampai 15 menit.

Baca juga: Laba Tesla Meningkat Meski Ada Diskon Besar-besaran

Alat cuci motor dan mobil di Jakarta Fair Kemayoran 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Alat cuci motor dan mobil di Jakarta Fair Kemayoran 2023

“Supaya baterai enggak kepanasan. Didiamkan dulu baru dicas, ini bisa memperpanjang usia baterai,” kata dia.

Tips perawatan kedua adalah seputar pencucian, proses ini bisa dilakukan di rumah, tapi jangan pernah menggunakan pressure washer alias pompa bertekanan tinggi.

Pressure washer dikhawatirkan bisa menembus komponen kelistrikan penting di bagian dalam motor listrik. Hal ini tentu bisa menimbulkan korsleting.

“Cukup cuci biasa saja, disabuni, kemudian dibilas pakai air mengalir. Cuci motor listrik aman-aman saja kok, asal tidak pakai pressure washer,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com