Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Adhi Putra Luncurkan Bus Baru Rakitan Karoseri Piala Mas

Kompas.com - 21/07/2023, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Adhi Putra resmi meluncurkan satu unit bus baru baru dengan tampilan yang berbeda dari unit sebelumnya.

Bila biasanya bus dari PO Adhi Putra kerap menggunakan buatan Karoseri Laksana, kali ini bus terbarunya dirakit oleh Karoseri Piala Mas. Alhasil, PO asal Pulau Sulawesi tersebut tampil beda dari bus generasi sebelumnya. 

Perbedaan yang paling mencolok ialah eksterior bus yang kini menggunakan kelir kuning cerah. Tidak lupa sentuhan livery garis dan aksen pola berbentuk diamon yang mempercantik bodi samping bus. 

Memang, untuk kelir bus dari PO Adhi Putra selalu berubah pada setiap bus baru yang diluncurkan. Maka dari itu, setiap unit bus PO Adhi Putra tampil beragam karena tidak punya pakem kelir dan livery yang sama. Namun, desain ekterior bus selalu tampil eksentrik menggunakan warna-warna yang mencolok. 

Baca juga: Michelin Lebih Pilih Ban Tahan Lama Bukan Daya Cengkeram Kuat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Piala Mas (@karoseripialamas_official)

Secara spesifikasi, bus berkelir kuning tersebut menggunakan balutan bodi Rexus SL. Sementara itu, pada bagian dapur pacu bus ditopang oleh sasis bus Hino RK 280. 


Keunggulan dari sasis bus Hino RK 280 punya sektor mesin yang kini sudah sesuai dengan standar Euro4. Sasis bus tersebut punya mesin yang dapat menghasilkan 280 PS (276,1 TK) dan torsi 823 Nm. 

Baca juga: Kaca Film Gelap Tidak Menjamin Kabin Mobil Lebih Sejuk

Namun, pada bagian interior tidak banyak melakukan ubahan karena masih sama seperti generasi sebelumnya. Pada bangku pada bagian penumpang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2)  dengan sandaran kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com