Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Luar Dalam Omoda 5 Z, Tetap Mewah meski Tipe Terendah

Kompas.com - 18/07/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Chery Omoda 5 di Indonesia mendapat sambutan positif dengan terus meningkatnya jumlah pemesanan unit sampai saat ini.

Bisa dibilang Omoda 5 memang memiliki modal yang cukup kuat untuk bersaing dengan para kompetitor asal Jepang yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Dari keseluruhan, tampilan desain futuristik dengan konsep Art of Motion jadi daya tarik utama untuk memikat perhatian. Visualnya berbeda dari para rival di kelasnya.

Menariknya, aura futuristik dengan nuansa modern juga dimiliki pada Omoda 5 varian terendah yang sempat redaksi coba beberapa waktu lalu, yakni tipe Z.

Baca juga: Dua Varian SUV Baru Chery Siap Meluncur di GIIAS 2023

Dipasarkan dengan harga on the road Rp 334,8 juta, bisa dibilang Omoda 5 Z punya tongkrongan yang tak kalah menarik. Bahkan, sekilas tampak "beti" alias beda tipis dengan tipe RZ.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Omoda 5 Tipe Z

Pada bagian depan, konsep borderless matrix grill tetap tersaji lengkap dengan paduan lampu DRL yang tipis di bagian atas mengikut lekukan kap mesin.

Sedangkan lampu utama ada di bagian sisi bumper yang dibuat bertingkat. Meski demikian, sebagai varian termurah maka fitur memang tak semewah versi tertinggi yang sudah memiliki sein sequential, welcome light, serta acoustic glass.

Baca juga: Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Apa Kabar Toyota Innova EV?

Untuk dimensi tak ada perbedaan. Hadir sebagai SUV crossover Omoda 5 memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.588 mm, dan wheelbase 2.630 mm.

Sementara kaki-kaki terlihat padat dengan penempatan pelek 18 inci. Bedanya, untuk tipe Z dibuat polos tanpa ada aksen merah seperti Omoda 5 RZ.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Omoda 5 Tipe Z

Demikian juga bagian belakang, nyaris serupa dengan versi RZ, dan beda paling signifikan Omoda 5 Z tak memiliki atap sunroof.

Hal ini cukup wajar mengingat perbedaan harganya yang sampai Rp 70 juta. Tapi di lain sisi, bagi pengguna yang lebih mementingkan fungsi tentu absennya sunroof tak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana dengan interiornya?

Hadir sebagai varian termurah, tentu ada bedanya dengan kelengkapan interior pada varian tertinggi. Paling utama seperti yang dijelaskan di awal, yakni atap tanpa sunroof.

Selain itu, yang membedakan adalah pengaturan jok yang masih manual, termasuk dengan lapisannya yang belum dibungkus material sintetis serta ventilated seat.

Baca juga: Tes Dalam Kota, Seberapa Irit Konsumsi BBM Suzuki Grand Vitara?

Namun demikian, sebenarnya absennya fitur-fitur tersebut pada Omoda 5 Z tak terlalu memengaruhi faktor kenyamanan selama perjalanan.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Omoda 5 Tipe Z

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com