Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Toyota bZ4X dan Lexus RZ Gratis Cas di Diler Resmi

Kompas.com - 17/07/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota termasuk salah satu pabrikan yang sudah memasarkan mobil listrik dengan menghadirkan bZ4X dan Lexus RZ. Soal infrastruktur, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyediakan stasiun pengecasan di beberapa dilernya.

Wakil Presiden PT TAM Henry Tanoto, mengatakan, infrastruktur menjadi hal yang paling penting, terutama untuk Toyota. Ketika Toyota meluncurkan produk, pihaknya ingin memastikan infrastruktur yang diterima pelanggan itu cukup.

Baca juga: Mulai Dikenal, Toyota Terus Promosikan Merek Gazoo Racing

"Jadi, diler kita akan dilengkapi dengan charging station di setiap cabangnya tetapi kita memang akan bertahap mengikuti dari populasi bZ4X,” ujar Henry, di sela-sela peluncuran bZ4X, beberapa waktu lalu.

All New Lexus RZ BEVKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Lexus RZ BEV

Setelah hampir setahun diluncurkan, Toyota pun memenuhi janjinya. Pada beberapa diler, sekarang sudah dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS).

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, EVCS ini disediakan di diler-diler Toyota secara gratis. Sebenarnya, untuk mendukung para pelanggan Toyota dan Lexus sebagai bagian dari layanan purna jual Toyota.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing GT Cup 2023 Digelar, Tiket ke Tahap Internasional

"Hingga saat ini telah tersedia 30 EVCS yang tersebar di diler-diler kami," kata Anton, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

Anton menambahkan, puluhan EVCS tersebut saat ini sudah tersedia di area Jabodetabek, Jawa Tengah (Siliwangi), Jawa Barat, Bengkulu, Jambi, Bali, Riau, dan Medan.

"EVCS yang kami sediakan ini merupakan kerjasama dengan Group Astra dan PLN," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com