Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Petugas Berhentikan Mobil di Gerbang Tol, Mengenal Sistem FLO Bayar Tol

Kompas.com - 09/07/2023, 11:17 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar di media sosial video yang memperlihatkan pengemudi mobil sedang melewati salah satu gerbang tol yang disangka belum membayar tol di pintu gerbang.

Dalam video yang tayang di akun @dashcam_owners_indonesia, petugas pintu tol kemudian menghampiri mobil dan menegur pengemudi mobil tersebut karena dikira belum bayar.

Padahal yang petugas tersebut tidak tahu ialah pengemudi mobil tersebut sudah membayar tol menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) alias transaksi nirsentuh.

Baca juga: Video Mobil Bayar Tol Tanpa Berhenti Diberhentikan Petugas

“Woy, bayar dulu woy,” ucap petugas tol

  • “Kenapa pak? Pakai Flo, kenapa?” kata pemilik mobil tersebut
  • “Saya kira belum bayar,” kata petugas tol lagi
  • “Enak aja, lihat dulu. Saya ada kamera kalau tidak percaya,” ucap pemilik mobil
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Flo merupakan sistem transaksi non tunai nirsentuh bernama Let It Flo. Teknologi yang dikembangkan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) "pelat merah" itu bernama Single Lane Free Flow (SLFF) berbasis Radio Frequency Identification (RFId).

Teknologi tersebut telah dijalankan Jasa Marga sejak tahun 2017 dan terus berjalan hingga kini, meskipun dalam skala terbatas.

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Yoga Tri Anggoro mengungkapkan, implementasi Let It Flo saat ini dilakukan di 100 titik ruas jalan tol wilayah Jabodetabek dan Bali.

Hingga saat ini, jumlah pengguna Let it Flo sudah mencapai lebih dari 13.000 pengguna aktif dengan rata-rata transaksi harian sebanyak 3.770 kendaraan.

Gerbang Tol Cikampek UtamaDok. Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama

Yoga menuturkan, sistem ini dikembangkan Jasa Marga melalui JMTO dalam rangka mengikuti arahan Pemerintah dalam meningkatkan penetrasi penggunaan dan untuk mengurangi biaya alat yang dipasang pada kendaraan.

Baca juga: Pengorbanan Jack Miller, 30 Tulang Patah Selama Jadi Pebalap

“Pada dasarnya, Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi yang memudahkan masyarakat, khususnya yang termasuk dalam transaksi nirhenti di jalan tol. Bahkan, jauh sejak sebelum diberlakukannya 100 persen penggunaan uang elektronik di jalan tol pada tahun 2017,” kata Yoga dilansir dari Kompas.com.

Yoga menambahkan, uji coba terbatas masih terus berlangsung di internal Jasa Marga dan juga kalangan eksternal, di antaranya melibatkan instansi pemeritah, BUMN, swasta, maupun komunitas, yang diajak untuk menguji keandalan sistem Let It Flo.

"Selain itu, kami juga mendengarkan berbagai masukan dari para pengguna sebagai catatan perbaikan dan pengembangan di JMTO,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com