Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kontur Jalan Jadi Pertimbangan PO Bus Memilih Sasis?

Kompas.com - 09/07/2023, 09:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –Sasis bus menjadi elemen penting dalam operasional kendaraan. Saat ini ada banyak merek sasis bus dengan berbagai tipe di pasar otomotif Indonesia.

Maka dari itu, jika diamati dengan seksama beberapa bus ditopang oleh sasis atau dapur pacu yang berbeda merek. 

Lalu apakah wilayah atau medan jalan mempengaruhi perusahaan otobus (PO) untuk memilih merek sasis bus?

Baca juga: Pameran Ini Bakal Hadirkan Banyak Pemain Kendaraan Listrik

Moko Marquez salah satu sopir bus dari PO Mahendra Transport Indonesia (MTI) mengatakan, medan jalan atau kondisi wilayah dari jalan yang akan dilintasi bus tidak mempengaruhi PO untuk memilih merek sasis bus.

“Misalnya karena bus akan digunakan di Sumatera maka harus pakai sasis Mercedes Benz, atau kalau bus Jawa kemudian pakai sasis Hino, padahal tidak gitu. Wilayah tidak mempengaruhi pemilihan merek sasis bus,” kata Marquez kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2023).

Sasis bus listrik Mercedes Benz eO500UMERCEDES-BENS-BUS.com Sasis bus listrik Mercedes Benz eO500U

Marquez menjelaskan, PO akan memilih merek sasis bus berdasarkan pertimbangan yang kemudian jadi kepercayaan jangka panjang.

Misalnya pertimbangan dari segi perawatan, kuat atau tidak dalam mengakut beban muatan dan juga irit atau tidak BBM merek sasis bus tersebut.

Apabila PO sudah percaya pada sasis bus tersebut, maka untuk unit selanjutnya akan selalu memakai sasis bus dengan merek yang sama.

Baca juga: Gejala Awal Aki Mobil Soak yang Bisa Dirasakan Pengemudi

Menurut pria yang sudah beberapa kali pindah PO tersebut, kuat atau tidaknya melintasi wilayah atau medan jalan itu sebenarnya bukan masalah merek sasis bus.

Setiap merek sasis atau mesin bus pasti dirancang oleh pabrikan agar kuat untuk melintasi segala jenis jalan.

"Namun, tergantung bagaimana teknik mengendarai dari sopir sudah tepat atau belum. Kalau tekniknya sudah tepat, sasis bus merek apa saja pasti bisa melintasi jalan apa saja. Maka dari itu, setiap PO saat memilih sopir bus seleksinya sangat ketat, ” kata Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com