Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Nama Khusus buat Mobil Teknologi Mild Hybrid

Kompas.com - 04/07/2023, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan elektrifikasi banyak jenisnya, salah satunya adalah mild hybrid. Toyota kabarnya punya nama khusus untuk jenis kendaraan tersebut.

Untuk diketahui, teknologi hybrid ada banyak jenisnya, mulai mild hybrid, hybrid, dan plug-in hybrid. Agar konsumen tidak keliru mengira mild hybrid sama seperti hybrid murni, maka Toyota akan memberikan nama yang berbeda.

Baca juga: Toyota Sedang Tes Hilux Dengan Teknologi Mild Hybrid

Teknologi mild hybrid juga memiliki cara kerja yang berbeda. Mobil tidak bisa berjalan sepenuhnya mengandalkan baterai. Fungsi dari motor generator hanya untuk menambah performa dan meningkatkan efisien bahan bakar.

Merek dagang Toyota Kinetic Assist dipatenkan di AustraliaDok. Drive.com.au Merek dagang Toyota Kinetic Assist dipatenkan di Australia

Dikutip dari Drive.com.au, Selasa (4/7/2023), Toyota dikabarkan sudah mengajukan paten nama atau merek dagang untuk "Toyota Kinetic Assist". Penamaan tersebut diduga mengacu untuk menggantikan penggunaan mild hybrid yang didukung oleh sistem baterai 48 volt.

Belum lama ini, Toyota diketahui sedang mengetes Hilux dengan teknologi MHEV. Toyota menyematkan motor generator kecil dengan baterai 48 volt dan dikombinasikan dengan mesin 2.8 L turbodiesel.

Baca juga: Beda Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid

Toyota Hilux MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle)Dok. Paultan.org Toyota Hilux MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle)

Menurut klaim Toyota, Hilux mild hybrid memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit sekitar 10 persen dibandingkan Hilux bermesin konvensional.

Contoh mobil dengan teknologi mild hybrid di Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Sementara Toyota, memilih untuk langsung memasarkan mobil hybrid sepenuhnya, seperti Innova Zenix, Yaris Cross, Corolla Cross, Corolla Altis, dan Camry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com