Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Toyota Innova Reborn Tiba-tiba Panas, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 03/07/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Innova Reborn sampai saat ini memang masih jadi pilihan keluarga di Indonesia sebagai mobil sehari-hari. Bahkan harga bekasnya masih cukup stabil di angka Rp 250 juta sampai Rp 300 jutaan, tergantung tipe.

Tapi, ada satu masalah yang bisa terjadi pada pemilik dan calon pemilik Innova Reborn, yakni AC yang tiba-tiba panas suhunya.

Padahal di setelan AC, posisinya sudah dipasang ke suhu paling rendah namun udara yang keluar dari kisi-kisi tetap panas, bikin penumpang tidak nyaman.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka mengatakan, tidak semua Innova Reborn punya masalah tersebut, hanya tipe tertinggi saja.

Baca juga: CBU dari Indonesia, Toyota Innova Zenix Meluncur di Malaysia

Toyota Kijang Innova Reborn tipe E bisa dimodifikasi jadi seperti tipe VenturerDok. Bobby. Spec Rare Item Toyota Kijang Innova Reborn tipe E bisa dimodifikasi jadi seperti tipe Venturer

"Itu hanya tipe atas saja. Untuk yang belum auto, belum digital (setelan AC), enggak ada (masalah itu)," kata Suparna kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Untuk Innova Reborn, varian atas seperti Venturer sudah menggunakan setelan AC digital dengan fitur auto dan pemanas (heater). Lalu penyebab AC yang tiba-tiba panas adalah karena komponen motor servo yang rusak.

"Motor servo itu motor yang berguna mengatur panas dan dinginnya AC. Motor servo Innova Reborn lebih sedikit jumlahnya dan sederhana," kata Suparna.

Baca juga: PO Mahendra Transport Punya Sopir Wanita


Suparna menjelaskan, untuk mobil yang memiliki AC dual-zone atau bahkan triple-zone motor servo yang digunakan lebih kompleks. Mengingat untuk Innova, tidak punya kedua fitur tersebut, jadi komponennya tidak begitu mahal untuk diperbaiki.

"Memang komponen itu (motor servo) bisa rusak. Komponen elektronik usianya 4 tahun sampai 7 tahun (rusak) sudah biasa," ucap Suparna.

Gejala AC yang tiba-tiba panas ini tidak akan ditemui di Innova generasi sebelum Reborn. Mengingat sebelumnya, tidak disematkan fitur AC digital maupun heater, jadi lebih tidak khawatir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com