Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perawatan Mobil Listrik Toyota bZ4X, Per Bulan Rp 153.000

Kompas.com - 30/06/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bZ4X hadir dengan tampilan yang agresif dan memiliki kesan futuristik pada eksterior dan interiornya. Mobil listrik ini memiliki biaya perawatan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil konvensional.

Mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional, di mana banyak komponen pada mesin yang memerlukan perawatan secara berkala. Sedangkan mobil listrik, perawatan berkala pada motor elektrik atau baterai sangat jarang atau bahkan tidak ada.

Baca juga: Menguji Performa Mobil Listrik Toyota bZ4X Dipakai Harian

Untuk bZ4X, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan bebas biaya jasa dan suku cadang sampai servis ketujuh atau sampai tiga tahun.

Interior mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Donny Interior mobil listrik Toyota bZ4X

Konsumen baru dikenakan biaya pada saat servis kedelapan dengan jumlah Rp 847.845. Untuk servis kedelapan, dilakukan pada saat mobil sudah menempuh jarak hingga 70.000 km.

Komponen yang diperiksa meliputi aki, sasis, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, minyak power steering, sistem pengereman, sistem pendingin mesin, saringan udara, dan wiper serta washer. Tidak ada penggantian suku cadang pada periode ini.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Mobil Listrik Toyota bZ4X

Pada servis kesembilan, dilakukan pada saat odometer mencapai 80.000 km. Komponen yang diperiksa tak jauh berbeda dengan servis sebelumnya, tapi ada tambahan, seperti pengecekan freon, kondisi ban, serta suspensi depan dan belakang. Komponen yang diganti hanya minyak rem. Biayanya disebutkan mencapai Rp 3.787.972.

Interior mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Interior mobil listrik Toyota bZ4X

Lalu, servis kesepuluh pada saat mobil sudah menempuh 90.000 km. Komponen yang diperiksa masih sama seperti saat servis kedelapan, begitu pula dengan biayanya. Sementara komponen yang diganti adalah saringan air conditioner.

Servis kesebelas dilakukan saat mobil mencapai 100.000 km. Kali ini, biayanya mencapai Rp 3.673.481. Komponen yang diperiksa sama seperti saat servis kesembilan.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Mobil listrik Toyota bZ4X

Sehingga, jika ditotal untuk biaya perawatan selama lima tahun, konsumen bZ4X harus mengumpulkan anggaran sebesar Rp 9.156.423. Jika dibagi lagi, konsumen per bulannya harus menyiapkan dana sebesar Rp 152.607.

Biaya perawatannya tentu sangat terjangkau dibandingkan mobil konvensional. Tapi, perlu diingat biaya investasinya sangat tinggi. Sebab, saat ini Toyota bZ4X dibanderol Rp Rp 1,19 miliar (OTR Jakarta) untuk warna one tone. Sementara untuk warna two tone, sedikit lebih mahal, yakni Rp 1,198 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com