Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ponsel yang Disimpan di Dasbor Motor Berpotensi Merusak Kamera

Kompas.com - 30/06/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor lansiran terbaru, khususnya yang skutik, biasanya dibekali dasbor bagian depan yang cukup luas dan lebar.

Kompartemen tersebut nampaknya serbaguna dan sangat baik untuk menyimpan gawai. Ditambah lagi, beberapa pabrikan juga membekali dasbor dengan colokan USB untuk mengisi daya.

Akan tetapi, ada bahaya tersendiri yang mungkin belum banyak diketahui pengguna. Ponsel yang disimpan di dasbor motor ternyata berpotensi mengalami kerusakan kamera.

Contoh dari situasi tersebut bisa dilihat dari video yang dibagikan akun @morodadicellular.id di Instagram. Nampak ponsel merek iPhone mengalami error di kamera setelah diletakkan di dasbor motor.

Baca juga: Viar Siapkan 6 Kendaraan Listrik Baru, Siap Meluncur Tiap Bulan

Fitur kamera yang seharusnya jelas dan rata, jadi seolah berguncang. Padahal ponsel dalam keadaan diam dan tidak digerakkan.

“Jangan taruh iPhone di dasbor motor, agar tidak seperti ini. Untuk pengguna iPhone nih, apakah pernah mengalami seperti ini ? Langsung ngaruh ke kamera ya.” tulis si pengunggah video, dikutip Kompas.com Kamis (29/6/2023).

Ari Badrun, Technical Support Digimap Indonesia menjelaskan, kerusakan itu memang cukup umum dijumpai ponsel-ponsel lansiran terbaru seperti iPhone.

“Sebenarnya enggak cuma iPhone, tapi semua ponsel yang sudah pakai modul optical image stabilization (OIS) pada kameranya,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (29/6/2023).

Baca juga: Mulai 3 Juli 2023 Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

Sesuai namanya, komponen OIS berfungsi untuk menstabilkan kamera supaya proses perekaman atau pengambilan gambar jadi lebih mudah dan hasilnya lebih jernih. Modul ini disokong oleh magnet-magnet kecil disekelilingnya.

Guncangan keras yang terus menerus saat ponsel diletakkan di dasbor bisa menggeser magnet-magnet tersebut. Akibatnya, viewfinder jadi kabur dan terlihat bergoyang.

“Satu-satunya solusi supaya (ponsel) baik lagi itu bongkar total. Untuk iPhone biayanya cukup mahal, mulai dari Rp 2 juta, tergantung tipe,” kata Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com