Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Daihatsu Ayla Manuver Lincah Keliling Ibu Kota

Kompas.com - 26/06/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan generasi baru dari Daihatsu Ayla. Mobil ini mengalami ubahan menyeluruh baik dari sektor eksterior, interior maupun fitur.

Di atas kertas, All New Ayla dibekali mesin 3 silinder 1.200 cc WA-VE yang mampu menghasilkan tenaga 86,7 tk dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT untuk varian matiknya.

Tim redaksi mendapat kesempatan untuk mengajak jalan-jalan Ayla 1.2 R CVT ADS keliling Ibu Kota.

Saat pertama kali duduk dibalik kemudi, kabin Ayla menyajikan aura sporty berkat dominasi warna hitam dan merah pada bagian dasbor dan joknya.

Baca juga: Mengulas Interior All New Daihatsu Ayla, Apa Saja yang Baru?

Sebelum berkendara, ritual yang dilakukan adalah mencari posisi duduk yang nyaman. Pengaturan jok masih manual, dan hanya ada ubahan maju-mundur, serta rebah jok saja.

Jok All New Ayla juga masih mengusung model ‘pocong’, alias headrest yang masih menyatu dengan jok.

All New Dihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Dihatsu Ayla

Selain itu, LCGC dari Daihatsu ini mengusung kemudi tilt dan belum teleskopik, sehingga sedikit sulit bagi pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis, terutama bagi mereka yang memiliki tinggi di atas 170 cm.

Menyoal visibilitas, All New Ayla cukup baik. Bagian pilar A tidak terlalu tebal membuat pengemudi memiliki pandangan yang cukup baik dari sisi depan, samping kiri-kanan dan belakang.

Tim redaksi langsung menginjak pedal gas mobil untuk merasakan sensasi berkendara All New Ayla. Daya yang dihasilkan pada putaran bawah cukup responsif, getaran mesin khas 3-silinder juga minim terasa.

Ketika tim redaksi menginjak gas lebih dalam, baru terasa mobil ini pakai 3 silinder, terasa dari getaran mesinnya. Perpindahan gigi cukup terasa halus, tanpa ada efek jeda.

Mobil ini memiliki fitur ECO yang akan aktif saat mobil berada di kecepatan di atas 20 km per jam. Otomatis mobil jadi lebih efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.

All New Daihatsu AylaKompas.com All New Daihatsu Ayla

Saat diajak bermanuver pada kecepatan tinggi, handling Ayla jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kemudi terasa lebih presisi berkat vehicle stability control (VSC).

All New Ayla memiliki setir yang ringan dengan radius putar hanya 4,4 meter, hal ini semakin memudahkan pengemudi ketika berkendara di Ibu Kota. Bantingan memang terasa cukup kaku, tapi hal itu memberikan efek positif pada pengendalian yang semakin lincah.

Baca juga: Mengulik Fitur All New Daihatsu Ayla, Ada Apa Saja?

Secara keseluruhan, mengendarai Ayla generasi anyar ini cukup menyenangkan. Meski minim fitur, namun mobil LCGC dari Daihatsu ini sudah cukup mumpuni untuk diajak berkendara di perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com