Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Berlakukan Buka Tutup Jalan Malioboro saat Libur Idul Adha

Kompas.com - 26/06/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Jelang libur panjang Idul Adha 1444 Hijriyah, Satlantas Polresta Yogyakarta akan memberlakukan sistem buka tutup lalu lintas di sepanjang Jalan Margo Utomo atau kawasan Tugu Jogja, sampai dengan Alun-alun Utara Yogyakarta.

Buka tutup jalan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi tingkat kepadatan kendaraan wisatawan di pusat Kota Yogyakarta saat libur panjang Idul Adha 2023 nanti.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Maryanto mengatakan, penerapan sistem buka tutup arus lalu lintas dilakukan menyesuaikan situasi kepadatan arus kendaraan di jalan.

Baca juga: Viral Video Pengemudi Kena Tarif Tol Cikampek Sampai Rp 724.000, Ini Sebabnya

Parkir bus mulai penuh dan jalan sebelum masuk Malioboro terjadi kemacetan pada hari, Rabu (21/12/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Parkir bus mulai penuh dan jalan sebelum masuk Malioboro terjadi kemacetan pada hari, Rabu (21/12/2022)

Namun pemberlakuan sistem buka tutup di kawasan Tugu, Malioboro, Titik Nol hingga Keraton Yogyakarta (Gumaton) akan diberlakukan mulai tanggal 28 Juni 2023 mendatang.

“Untuk antisipasi liburan bersama Idul Adha 1444 Hijriyah nanti, kami terapkan rekayasa lalu lintas khususnya jalur Gumaton,” ujar Maryanto, dilansir dari NTMC Polri (26/6/2023).

“Nanti akan kita lakukan buka tutup di kawasan Malioboro untuk mengurangi volume kendaraan,” katanya,” kata dia.

Baca juga: Resmi beroperasi, Ini Tampang Bus PO Mahendra Transport

Ia menjelaskan, apabila terjadi kepadatan kendaraan di jembatan Kleringan hingga kawasan Malioboro, maka antrean kendaraan yang datang dari Jalan Margoutomo akan diarahkan memutar ke arah Stadion Kridosono.

“Itu supaya tidak semakin terjadi kepadatan kendaraan di Malioboro,” ucap Maryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com