Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Malioboro Saat Malam Tahun Baru 2022

Kompas.com - 23/12/2021, 12:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA KOMPAS.com - Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyatakan bahwa tidak akan ada penyekatan di kawasan Malioboro selama malam tahun baru 2022.

Sebagai gantinya, terdapat beberapa rekayasa lalu lintas yang diterapkan, yakni di kawasan Titik Nol dan juga Tugu Pal Putih. Sehingga, kepadatan mampu ditekan secara optimal.

"Semua jalur jalan kalau Malioboro ditutup jam 18.00-21.00 pada hari H nanti tidak ada penutupan. Semua kendaraan boleh lewat namun tak bisa berhenti," katanya, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik Mulai 26 Desember 2021, Ini Rinciannya

Suasana Malioboro Yogyakarta, Senin (22/11/2021).Kompas.com/Nur Fitriatus Shalihah Suasana Malioboro Yogyakarta, Senin (22/11/2021).

"Jadi semua kendaraan harus tetap berjalan, tidak boleh berhenti dengan alasan apapun, termasuk menaikkan atau menurunkan penumpang," kata Purwadi.

Menurut dia lebih baik jalanan dipenuhi oleh kendaraan daripada dipenuhi oleh kerumunan manusia, lantaran juka terjadi kerumunan lebih mudah menyebarkan virus corona.

Lebih rinci, warga akan tetap diperbolehkan memasuki kawasan Malioboro melalui Jalan Mataram. Tetapi saat kendaraan sudah melewati Malioboro kendaraan sudah tidak diperbolehkan berhenti.

Dari utara kendaraan tidak diperbolehkan masuk ke Malioboro tetapi dari utara langsung menuju ke arah pasar kembang tidak diperkenankan masuk langsung ke area Malioboro.

"Kalau orang mau ke Malioboro hanya bisa melalui Jalan Mataram. Jalan depan gardu anim kita barikade karena macetnya pertemuan utara ke selatan itu kita potong dari utara ga bisa belok ke kiri (Malioboro)," ucap Purwadi.

Baca juga: Kerap Pengemudi Angkutan Umum Abai Bahaya di Jalan

Jalan Malioboro, Yogyakarta DOK. Shutterstock/Jon ChicaShutterstock/Jon Chica Jalan Malioboro, Yogyakarta DOK. Shutterstock/Jon Chica

"Ini namanya manajemen lalu lintas tidak ada penyekatan yang ada ialah manajemen rekayasa lalu lintas," ucap dia.

Kemudian dikatakan pula bila polisi sedikitnya menerjunkan 1.100 personel untuk mengamankan kegiatan di masa Natal dan Tahun Baru 2022.

Konsentrasi pengawasan terkait akan dipusatkan di area Tugu, Malioboro dan Keraton, khususnya pada malam pergantian tahun 2022.

Petugas akan bersiaga di sepanjang pedestrian dan titik-titik di area untuk menegakkan protokol kesehatan dan pengamanan.

Baca juga: Hasil Evaluasi dan Rekomendasi KNKT Soal Kecelakaan Bus Transjakarta

Aparat bersama Satgas Gumaton gabungan akan melakukan barikade jalan dan siaga di sepanjang jalur. Sementara Sat Pol PP dan TNI akan sterilisasi di pinggir jalan.

“Setelah pergantian tahun dan 30 menit setelahnya, kami akan suruh kembali para pengunjung karena momennya sudah selesai,” kata dia.

Empat pos kepolisian akan didirikan dalam melakukan penjagaan dan keamanan yakni pos Tugu, Teteg, Nol KM, dan di Gereja Kotabaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com