Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update PPKM Level 4, Kawasan Malioboro Terapkan Sistem Buka-Tutup

Kompas.com - 23/07/2021, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta mulai membuka ruas Jalan Malioboro yang sebelumnya ditutup total selama Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021.

Hanya saja kebijakan tersebut bersifat tentatif menyesuaikan situasi lalu lintas dan kepadatan yang terjadi. Buka-tutup berlangsung sepanjang PPKM Level 4 yang direncanakan sampai Minggu, 25 Juli 2021.

"Setelah koordinasi dengan Walikota Yogyakarta, Kapolres, Dandim, dan juga Satgas Covid-19 Kota Jogja, jalan Malioboro dibuka dengan jam-jam tertentu," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021)

Baca juga: 28.595 unit Kendaraan Diputar Balik di Bali Selama PPKM Darurat

Malioboro masih terlihat sepi saat perpanjangan PPKM Level, Kamis (22/7/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Malioboro masih terlihat sepi saat perpanjangan PPKM Level, Kamis (22/7/2021)

Ia melanjutkan, pembukaan ruas jalan Malioboro dimulai pada pukul 06.00-17.00 WIB. Di luar jam tersebut jalan akan kembali ditutup oleh petugas.

Namun petugas tetap memperbolehkan kendaraan kegawatdaruratan seperti ambulans dan mobil pemadam kebakaran melintas ketika ruas terkait ditutup.

"Tujuannya itu mengurangi pengunjung terutama dari luar. Jika yang interval (warga Kota Yogyakarta) relaksasinya dilakukan di tengah kota saja," lanjut dia.

Adapun penerapan PPKM Level 4 tidak jauh berbeda saat PPKM Darurat diterapkan. Dishub masih menutup lima titik jalur untuk masuk ke kota.

Baca juga: Bahaya Pemotor Asal Main Potong Jalan

Suasana Malioboro terlihat sepi, penyekatan dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta untuk mencegah warga nongkrong di sekitaran Malioboro, Senin (5/7/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Suasana Malioboro terlihat sepi, penyekatan dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta untuk mencegah warga nongkrong di sekitaran Malioboro, Senin (5/7/2021)

Diantaranya, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Magelang, simpang empat Wirobrajan, Jalan Parangtritis dan Jalan Gedong Kuning.

"Jalur yang kami tutup, masih sama seperti kemarin. Harapannya masyarakat memahami dengan kebijakan yang ada," jelas Agus.

Meski ada pembatasan jam buka tutup jalan di Malioboro, kantong parkir seperti Abu Bakar Ali (ABA), Parkir Sriwedari dan Parkir Ngabean tetap ditutup supaya mengurangi kerumunan wisatawan yang masih nekat datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com